15 November 2018

ALAT PELINDUNG DIRI ( APD )

ALAT PELINDUNG DIRI ( APD )

FUNGSI ALAT PELINDUNG DIRI ( APD )

NT - ALAT PELINDUNG DIRI

Nusantara Traisser – Alat Pelindung Diri adalah sebuah peralatan yang “ WAJIB “ digunakan, tujuan dari APD ini adalah untuk melindungi dan juga untuk menjaga keselamatan Pekerja di tempat yang memiliki resiko dalam pekerjaan mereka.

Tujuan lainnya adalah untuk meminimalkan dampak dan juga potensi bahaya terhadap Pekerja di tempat kerja.

Alat Pelindung Diri dapat dibagi menjadi 3 Bagian yaitu :

  1. Pelindung Kepala antara lain : Helmet (Topi Pengaman), Safety Glass (Kacamata Pengaman), Masker, Ear Plugs / Ear Muff (Penutup Telinga).
  2. Pelindung Badan antara lain : Coverall
  3. Pelindung Anggota Badan diantaranya adalah : Sepatu Pelindung (Safety Shoes/Boot), Sarung Tangan (Hand Gloves).

 

Helmet

Safety Helmet

Helmet atau Topi Pelindung digunakan untuk melindungi Kepala dari paparan bahaya seperti kejatuhan benda ataupun paparan bahaya aliran listrik.

Pemakaian Topi Pelindung (Safety Helmet) harus sesuai dengan lingkar kepala sehingga nyaman dan efektif melindungi pemakainya.

 

Safety Glass ( Kacamata Pelindung )

Safety Glassses

Safety Glass adalah alat yang digunakan untuk melindungi mata dari cahaya matahari yang langsung masuk ke mata atau bahaya loncatan benda tajam, partikel-partikel kecil, debu, mengurangi sinar yang menyilaukan serta percikan bahan kimia.

Safety Glass terdiri dari 2 Jenis yaitu :

  1. Safety Spectacles, berbentuk Kacamata biasa dan hanya dapat melindungi mata dari bahaya loncatan benda tajam, debu, partikel-partikel kecil dan mengurangi sinar yang menyilaukan. Biasanya dipakai pada Proses menyolder dan Proses pemotongan komponen.
  1. Safety Goggles, Kacamata yang bentuknya menempel tepat pada muka. Dengan Safety Goggles, mata dapat terlindung dari bahaya percikan bahan kimia, asap, uap, debu dan loncatan benda tajam. Biasanya dipakai oleh Teknisi Mesin Produksi.

 

Ear Muff ( Penutup Telinga )

Ear Muff

Ear Muff adalah alat yang digunakan untuk melindungi telinga dari berbagai macam Intensitas Suara yang tinggi.

Ear Muff dapat mengurangi intensitas suara hingga 20 ~ 30dB. Ear Muff terdiri dari Head Band dan Ear Cup yang terbuat dari bantalan busa sehingga dapat melindungi bagian luar telinga (daun telinga).

 

Ear plug ( Penyumbat Telinga )

Ear Plug

Ear plug adalah alat yang digunakan untuk melindungi telinga dari berbagai macam Intensitas Suara yang tinggi.

Digunakan untuk melindungi alat pendengaran yaitu telinga dari Intensitas Suara yang tinggi. Dengan menggunakan Ear Plug, Intensitas Suara dapat dikurangi hingga 10 ~ 15 dB. Ear Plug  digunakan oleh Pekerja yang bekerja di daerah produksi yang memiliki suara mesin tinggi seperti SMT (Surface Mount Technology) ataupun Mesin Produksi lainnya.

 

Masker ( Penutup Hidung )

Masker Safety

Masker digunakan untuk melindungi saat kita bernafas atau lebih tepatnya untuk melindungi alat pernafasan kita.

Seperti misalnya jika kita bekerja di tempat yang cukup berdebu kita akan kesulitan bernafas karena banyak partikel yang masuk ke hidung kita, maka masker digunakan untuk memfilter partikel tersebut.

 

Coverall

Coverall

Fungsi Coverall umumnya untuk melindungi tubuh dari hal yang dapat membahayakan atau mengakibatkan kecelakaan saat bekerja, Tingkat perlindungan yang diberikan pun beragam sesuai dengan kebutuhan.

Selain berfungsi sebagai alat pelindung, Coverall kerja juga mempunyai fungsi lain yaitu sebagai identitas. Fungsi identitas bertujuan untuk menyeragamkan pekerja dan menunjukkan identitas jabatan. Misalkan pakaian kerja dengan warna berbeda antara pekerja las dengan pekerja elektrik.

 

Handglove ( Sarung Tangan )

Coverall

Sarung Tangan adalah APD yang berfungsi untuk melindungi tangan dari kontak bahan kimia, sengatan listrik dan goresan benda runcing atau tajam.

Sarung tangan memiliki beberapa jenis dan spesifikasi sebagai berikut :

  1. Sarung Tangan Katun (Cotton Gloves), digunakan untuk melindungi tangan dari tergores, tersayat dan luka ringan.
  2. Sarung Tangan Kulit (Leather Gloves), digunakna untuk melindungi tangan dari tergores, tersayat dan luka ringan.
  3. Sarung Tangan Karet (Rubber Gloves), digunakan untuk melindungi tangan dari kontak dengan bahan kimia seperti Oli, Minyak, Perekat dan Grease.
  4. Sarung Tangan Electrical, digunakan untuk melindungi tangan dari kontak dengan arus listrik yang bertegangan rendah sampai tegangan tinggi.

 

Safety Shoe ( Sepatu Safety )

Safety Shoe

Sepatu Pelindung atau Safety Shoes adalah perlengkapan yang digunakan untuk melindungi kaki dari kejatuhan benda, benda-benda tajam seperti kaca ataupun potongan baja, larutan kimia dan aliran listrik. Sepatu Pelindung dilengkapi baja diujungnya dengan dibalut oleh karet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *