23 January 2019

PENTINGNYA OPERATOR MEMAHAMI BUKU PANDUAN UNIT

PENTINGNYA OPERATOR MEMAHAMI BUKU PANDUAN UNIT

Pekerjaan yang melibatkan alat berat merupakan pekerjaan yang mempunyai nilai resiko kecelakaan yang besar. Kecelakaan dapat berdampak kompleks pada semua pihak, namun ada pihak yang paling besar terdapak yakni seorang operator.

Kenapa operator? Karena operatorlah elemen yang berhubungan langsung dengan alat berat tersebut secara kontinu, Banyak sekali resiko yang sangat mungkin berdampak kepada operator jika mau kita sebutkan, mulai dari kecelakaan ringan yang berdampak luka-luka ringan hinggak terjadinya fatality yang merenggut nyawa seorang operator.

Tidak dipungkiri lagi setiap proses pekerjaan yang melibatkan alat berat sangat memerlukan seorang operator, Maka operator adalah elemen vital dalam proses suatu pekerjaan tersebut.

Dari penjelasan tersebut menjadi penting seorang operator harus mendapatkan perlindungan untuk menjamin keselamatannya, Banyak cara dan metode yang bisa dilakukan untuk hal tersebut, salah satunya yakni operator harus mengetahui spesifikasi dan prosedur keamanan kerja operasi pada unit alat berat yang sedang digunakan.

Setiap unit alat berat sudah dibekali buku panduan/manual book yang memudahkan para operator untuk mengenali spesifikasi dan prosedur keamanan kerja operasi unit alat berat secara aman.

Namun, buku panduan/manual book biasanya tidak ter-deliver dengan baik kepada operator karena hanya disimpan di tempat tertentu yang sulit diakses oleh operator sehingga mempersulit operator untuk mendapatkan informasi terkait unit alat berat tersebut.

Ataupun sebaliknya, buku panduan/manual book tersedia untuk para operator namun tidak dimaksimalkan atau dipelajari yang bisa mengakibatkan kurang tepatnya pemahaman informasi terkait alat berat sampai kepada operator junior setelahnya.

Dari semua itu penting adanya kesadaran antara manajemen dan operator terkait hal itu, Dari menajemen misalnya, bisa memfasilitasi suatu program pelatihan/pembinaan untuk operator terkait spesifikasi dan prosedur keamanan kerja operasi pada unit alat berat secara spesifik.

Dan dari sisi operator juga diharapkan kesadaran untuk mengupgrade informasi tentang spesifikasi dan prosedur keamanan kerja operasi pada unit alat berat dari berbagai sumber. Sehingga tercapai tujuan bersama yakni keselamatan dan kesehatan kerja untuk operator, seluruh pihak terkait serta lingkungan kita. Semoga bermanfaat.