31 January 2019

Pelatihan Rigger Sertifikasi BNSP

Pelatihan Rigger Sertifikasi BNSP

Badan Nasional Sertifikasi Profesi disingkat (BNSP) adalah sebuah lembaga independen yang di bentuk pemerintah berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Badan ini bekerja untuk menjamin mutu kompetensi dan pengakuan dan kelayakan tenaga kerja pada seluruh sektor bidang profesi di Indonesia melalui proses sertifikasi.

Dengan mengikuti pelatihan rigger sertifikasi BNSP diharapkan setiap pekerja mempunyai kemampuan bersikap, berfikir dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan dari nilai pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki seseorang dalam melaksanakan pekerjaan.

Tingginya tingkat persaingan di semua bidang menyebabkan kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap pekerja.

Termasuk dalam pertambangan juga industri minyak dan gas bumi yang merupakan industri yang strategis dalam menunjang kemajuan dan pembangunan bangsa dan negara. Dalam pertambangan maupun industri minyak dan gas bumi mempunyai ciri khusus yaitu padat modal, teknologi tinggi dan memiliki risiko yang tinggi, yang perlu pengelolaan yang profesional dan kredibel di perlukan tehnologi tinggi dan SDM yang kompeten adalah suatu konsekuensinya.

Persiapan dan rancangan yang sistematis harus dipersiapkan guna mendorong dan merealisasikan SDM yang kompeten dengan mengadakan pelatihan dan diklat serta perangkat-perangkat pendukungnya adalah salah satu upaya sehingga mampu bersaing dalam menghadapi era kompetisi dan perdagangan bebas melalui persiapan SDM yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang memadai.

Tujuan Pelatihan Rigger Sertifikasi BNSP ini membant terpenuhinya kebutuhan tenaga juru ikat beban yang kompeten sehingga mampu melaksanaan pekerjaannya dengan mengedepankan aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang handal dan profesional, menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi uji kompetensi sertifikasi Petugas Juru Ikat Beban (Rigger) sesuai dengan level/tingkat yang disyaratkan sehingga memiliki tingkat kualifikasi jabatan sesuai dengan tingkat kedalaman dan keluasan pengetahuan, keterampilan, tanggung jawab dan wewenangnya.

Untuk menjadi peserta pelatihan Rigger Sertifikasi BNSP agar dapat memperoleh Sertifikasi Kompetensi Kerja Juru Ikat Beban (Rigger) Bidang Operasi Pesawat Angkat Angkut dan Juru Ikat Beban, maka setiap peserta menyertakan persyaratan sebagai berikut :

  1. Membawa Foto copy Ijasah terakhir
  2. Membawa Foto copy KTP
  3. Membawa Foto copy sertifikat terkait (bila ada)
  4. Menyiapkan Portofolio pekerjaan / dokumen lain yang mendukung
  5. Menyertakan Surat Keterangan Sehat
  6. Surat Pengalaman Kerja dari Perusahaan yang bersangkutan
  7. Pas Foto ukuran 4 x 6, 3 x 4, dan 3 x 2 masing-masing sebanyak 3 lembar.

Minimal Berijasah SLTP atau setingkat, dengan pengalaman kerja minimal 1 tahun serta kompeten dalam asesmen kompetensi juru ikat beban di bidang operator pesawat angkat

Writer : HS