19 February 2019

Hand Signal

Hand Signal

Hand Signal  (Aba-aba Tangan)

Adalah salah satu cara komunikasi yang dilakukan signalman / banksman dengan operator  crane  dengan berkelanjutan selama proses aktivitas lifting sebagai instruksi untuk menentukan pergerakan crane.

Tetapi sering di jumpai di area kerja aba-aba tangan (hand signal) yang digunakan tidak sesuai standard yang berlaku. Hal ini dapat berakibat fatal apabila terjadi miss communication karena aba-aba yang digunakan tidak standard atau crane operator tidak mengikuti instruksi dari signalman/banksman.

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat pemberian hand signal atau aba-aba tangan,

Di antaranya :

  • Apabila dalam prakteknya aba-aba tangan yang diberikan oleh signalman / banksman kurang jelas, operator crane berhak menghentikan aktivitas sementara sampai aba-aba tangan yang diberikan oleh signalman / banksman dapat dimengerti oleh operator crane.

 

  • Jika crane operator merasa pergerakan crane yang di instruksikan oleh signalman/banksman meragukan ataupun membahayakan , crane operator dapat menghentikan pergerakan crane sementara dan melakukan diskusi/kesepakatan dengan signalman / banksman untuk gerakan crane selanjutnya.

 

  • Aba-aba tangan hanya dapat diberikan oleh satu signalman/banksman yang ke operator crane, untuk menghindari perbedaan gerakan apabila dilakukan lebih dari satu signalman, meskipun dalam aktivitas lifting menggunakan lebih dari satu alat angkat (Crane) dalam satu pengangkatan (Tandem Lift).

Hand signal atau aba-aba tangan hanya digunakan ketika jarak antara signalman/banksman dengan crane operator memiliki tingkat visibilitas yang jelas, apabila tidak terpenuhi maka yang dapat dilakukan dengan menggunakan radio untuk komunikasi dan memberikan instruksi.

Yang perlu ditekankan bahwa personil yang melakukan aktivitas lifting terutama sebagai signalman dan operator crane harus telah bersertifikat, memiliki pengalaman, memahami cara kerja crane, wajib memahami hand signal / aba-aba tangan sesuai standard internasional dan bertanggung jawab dalam aktivitas lifting mulai dari persiapan sampai berakhirnya aktivitas linfting dengan berjalan aman dan lancar sesuai dengan yang telah direncanakan.

Standard aba-aba tangan, Sumber : ASME B30. 5

1 2


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/k8673307/public_html/responsiveweb/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 399

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *