5 Tips Safety Driving Mobil Simple Dan Bermanfaat

5 Tips Safety Driving Mobil Simple Dan Bermanfaat

Penggunaan kendaraan saat ini bukan hanya digunakan oleh orang dewasa bahkan remaja juga menggunakan kendaraan seperti Motor ataupun juga mobil, nah kali ini kita akan membahas tentang Tips Safety Driving agar kalian bisa berkendara di jalan dengan aman dan bisa bertemu dengan keluarga tercinta di rumah.

Tips Safety Driving

1. Pastikan Kendaraan Dalam Posisi Baik Untuk Digunakan

Cek Mesin Mobil

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum berkendara adalah melakukan pengecekan sebelum bekendara, pastikan bahwa kondisi mobil kalian dalam keadaan optimal, cek oli apakah masih banyak atau tidak, kemudian cek air radiator apakah sudah habis atau perlu ditambahkan, perhatikan pula ban mobil kalian, apakah masih dalam keadaan yang bagus atau perlu ditambahkan lagi angin / hidrogen.

 

2. Pasang Sabuk Pengaman

Seat Belt

Hal ini adalah hal utama yang sangat penting, apalagi di Indonesia ini kebanyakan orang – orangnya masih belum terbiasa untuk menggunakan sabuk pengaman saat berkendara mobil, umumnya mereka seperti menganggap penggunaan safety belt driver tidaklah terlalu penting.

Padahal Safety belt itu memiliki kegunaan yang penting jika misalnya terjadi tindak kecelakaan seperti menahan kalian di kursi penumpang, ini dikarenakan jika kalian misal tidak menggunakan safety belt, kalian bisa terbanting keluar dari mobil saat menabrak, atau posisi duduk kalian akan berubah dan mengenai airbag yang otomatis keluar yang justru untuk melindungi kalian malah membuat kalian terluka karena airbag.

3. Tetap Tenang Dan Perhatikan Sekitar

Berkendara Dengan Aman

Biasanya kita kalau mengemudi terkadang suka tidak sabaran, bahkan terkadang kita menambah kecepatan secara tiba – tiba di jalan, padahal hal ini tidak di perbolehkan karena bisa membahayakan pengendara yang lainnya, apalagi jika semisal melakukan rem mendadak juga tidak diperbolehkan dikarenakan akan menyebabkan tindakan berbahaya bagi pengemudi dibelakang.

Usahakan dalam kondisi apapun tetap tenang dan juga selalu patuhi peraturan lalu lintas, jangan lupa selalu lihat spion kiri, kanan atau belakang agar mengetahui posisi aman kita dengan pengendara lainnya, lebih bagusnya lagi selalu jaga jarak antara pengendara mobil satu dengan pengendara lainnya.

4. Fokus Saat Mengemudi

Mengemudi Sambil Bermain HP

Nah ini adalah salah satu tips terpenting di artikel ini, kenapa ? karena sampai sekarang masih banyak sekali pengemudi yang menggunakan Telefon genggam atau Smartphone saat sedang berkendara, namun tahukah kalian bahwa melihat Smartphone selama beberapa detik saat berkendara mampu meningkatkan resiko kita untuk terkena kecelakaan ?

Dikutip dari jurnal Science Direct tentang ”¬†Real-world effects of using a phone while driving on lateral and longitudinal control of vehicles ” mengatakan bahwa dengan menggunakan Smartphone saat berkendara akan menyebabkan kita lebih mudah terkena kecelakaan, hal ini dikarenakan otak kita tidak bisa memproses kegiatan secara bersamaan seperti mengemudi dan juga menggunakan Smartphone.

5. Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah tentang mematuhi peraturan lalu lintas, nah Masyarakat Indonesia pada umumnya atau kebanyakannya masih tidak terbiasa untuk mengikuti aturan lalu lintas ini, padahal hal ini adalah hal yang sangat penting karena menyangkut nyawa manusia.

Misalkan saja jika kalian menerobos lampu merah lalu ada mobil atau motor dari arah lainnya kemudian kalian mengalami kecelakaan, apakah kalian tidak kasihan pada diri kalian dan juga orang lainnya ? Apalagi sekarang juga banyak kasus tentang menyerobot palang kereta, padahal seharusnya kita tidak dibolehkan untuk melakukan hal tersebut.

Kalian tidak perlu berkendara terlalu cepat pastikan jika sudah dekat dengan lampu merah kurangi kecepatan kalian, bukan malah menambah kecepatan untuk mengejar kendaraan lainnya karena hal tersebut cukup berbahaya untuk dilakukan, bersabarlah dan menunggu.

Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam melakukan safety driving, Safety First.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *