28 February 2019

Pentingnya Stretching Saat Bekerja Di Kantor

Pentingnya Stretching Saat Bekerja Di Kantor

Stretching atau peregangan adalah sebuah kegiatan fisik yang berguna untuk melemaskan otot – otot kaku yang ada pada badan kita, lalu apa sih penting Stretching ketika bekerja di dalam kantor ? Jadi ketika kita melakukan pekerjaan didalam kantor kebanyakan dari kita akan selalu menggunakan posisi duduk.

Bahkan tidak jarang sampai lama sekali kita duduk dan memandangi komputer sambil mengerjakan tugas kita dibelakang layar, nah apakah kalian tahu efek buruk yang terjadi jika kalian berlama – lama di depan komputer dan tidak melakukan stretching untuk peregangan otot kalian ?

Biasanya punggung kita akan terasa sakit dan juga tidak enak saat bergerak, bahkan cenderung leher dan pinggul kita juga sakit karena kelamaan duduk, ini karena aliran darah terhambat dan tidak mengalir rata ke beberapa bagian tubuh, ditambah lagi posisi buruk saat kita duduk membuat hal ini menjadi lebih parah.

Peregangan atau stretching di tengah padatnya jam kerja mampu digunakan untuk menjaga fleksibilitas otot pada tubuh kita. Apalagi jikalau pekerjaan kalian menuntut kalian untuk duduk di depan komputer selama berjam-jam dan melakukan gerakan yang monoton, Gerakan-gerakan sederhana yang diajarkan dari stretching memang mudah dipraktikan, Lantas, mengapa stretching saat bekerja dianggap mampu menyehatkan tubuh para pegawai kantoran?

  • Stretching yang dilakukan dengan tepat mampu melancarkan aliran darah pada tubuh kita, Terlalu lama bekerja dalam posisi monoton akan membuat sirkulasi darah di tubuh Anda agak terhambat dan berpotensi memicu tekanan darah tinggi;
  • Keseimbangan dan koordinasi tubuh juga akan bermasalah kalau kalian jarang menggerakkan tubuh di sela-sela pekerjaan yang kalian lakukan, Jadi, luangkan waktu kalian untuk meregangkan otot tubuh supaya tidak kelelahan atau pegal;
  • Banyaknya tanggung jawab kerja secara perlahan akan mengurangi performa tubuh Anda kalau tidak diimbangi olahraga yang cukup, Stretching dianggap membantu menjaga dan juga meningkatkan kinerja dan kebugaran tubuh Anda selama mengerjakan tumpukan tugas;
  • Kekakuan otot di sekitar pinggul dan punggung bagian bawah pastinya akan mengganggu Anda sepanjang beraktivitas. Untuk menurunkan sensasi nyeri tersebut, Anda dapat melakukan latihan fisik ringan seperti peregangan secara teratur minimal setiap 3 jam sekali.
  • Tekanan kerja yang tinggi tak hanya memberi dampak buruk terhadap fisik, tetapi juga mental seperti stres berkepanjangan. Stretching akan menurunkan gangguan tersebut berkat lancarnya sirkulasi darah yang mendistribusikan oksigen dan nutrisi ke otak Anda.

Cara Stretching Saat Dalam Kondisi Bekerja

Biasanya banyak karyawan yang akan mengeluhkan tentang Keterbatasan ruang di kantor kadang dijadikan alasan pegawai kantor yang ingin berolahraga, padahal stretching bisa diterapkan lewat gerakan-gerakan simple saja. kalian dapat memulainya dengan melenturkan leher ke depan-belakang, kanan-kiri, juga menoleh pelan-pelan. Selanjutnya, putar bahu ke depan dan belakang beberapa kali. Kemudian, putar pergelangan tangan dan kaki secara bergantian dan arahnya berlawanan arah.

Selain itu, jaga postur tubuh Anda selama duduk di depan komputer. Pasalnya, posisi badan yang kurang tepat berpotensi mengganggu kinerja otot hingga tubuh. Jika memungkinkan, gunakan tangga alih-alih lift agar Anda lebih banyak bergerak. Jalan kaki akan menjaga stamina tubuh Anda lebih stabil di tengah kesibukan.


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/k8673307/public_html/responsiveweb/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 399

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *