4 March 2019

BAHAYA MENARUH DOMPET DI SAKU CELANA

BAHAYA MENARUH DOMPET DI SAKU CELANA

Hip pocket syndromme merupakan istilah yang masih belum banyak diketahui ora ng. Kebiasaan menaruh dompet di saku belakang celana ternyata mempunyai dampak negatif untuk kesehatan. Dikarenakan dompet pria memiliki ukuran yang kecil dan sering dikeluar masukkan, hal ini yang mendasari seorang pria sering meletakkan dompetnya di saku belakang.

Pria yang selalu meletakkan dompet di saku belakangnya adalah kelompok yang paling berisiko menyebabkan nyeri pada punggung, pinggul, pinggang bahkan kaki. Seorang yang memakai celana yang ketat, akan mengakibatkan otot tidak fleksibel untuk bergerak baik relaksasi dan kontraksinya. Pada saat daerah pantat ditambahkan beban berupa dompet pada saat kita duduki, maka akan menyebabkan terjadi dorongan keadarah depan pada satu sisi.

Penekanan pada daerah pantat ini akan menimbulkan otot – otot daerah bokong terutama otot gluteus. Di sela – sela otot ini terdapat banyak saraf yang mudah terjepit. Serangkaian penyakit ini sering disebut hip pocket syndrome atau wallet – neuropathy.

Apa itu Hip Pocket Syndromme ?

1

Hip Pocket Syndromme adalah kondisi yang ditimbulkan karena sakit pada saraf dan tulang belakang pada orang yang terbiasa duduk dengan dompet disaku belakang yang memiliki risiko merusak saraf – saraf kunci.

Gejala Hip Pocket Syndromme

Kondisi penyakit seperti ini ditandai dengan adanya keluhan berupa sakit punggung bagian bawah, rasa sakit dan mati rasa pada pergelangan kaki atau bagian bawah kaki, dan yang lebih parah adalah rasa sakit saat berjalan, duduk, maupun berbaring.

Kondisi yang lebih parah dapat terjadi apabila pada saat kita duduk lama dan berulang – ulang akan menyebabkan ketidakseimbangan tulang belakang pada saat duduk, pada saat kurva tulang belakang dalam kondisi yang tidak sejajar maka akan menyebabkan kompensasi dari panggul untuk berusaha menyeimbangkan, namun apabila panggul sudah letih dan tidak mampu menyeimbangkan maka akan terjadi keteganggan otot pinggul yang mampu menekan saraf tulang belakang.

Efek lebih parah akan terjadi apabila terjadi kerusakan saraf tulang belakang. Hal lanjutan yang dapat terjadi adalah perubahan posisi bahu yang mampu menyebabkan nyeri daerah leher, pinggang dan bahu.

Tips menghindari risiko Hip Pocket Syndromme

  • Melakukan sedikit peregangan sebelum duduk
  • Mengeluarkan dompet dari saku belakang sebelum duduk.
  • Meletakkan dompet pada tempat alternatif lainnya seperti saku jaket atau di dalam tas
  • Duduklah dengan nyaman di kursi atau sofa dengan permukaan yang datar sehingga tidak mengganggu saraf dan struktur tulang serta ototnya benar
  • Jika sudah timbul keluhan sebaiknya segera konsultasikan dengan fisioterapis untuk memperbaiki postur tubuh dan tidak memperburuk keadaan.

2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *