Pengertian Sling Hitches / Pengangkatan Sling

Pengertian Sling Hitches / Pengangkatan Sling

Sling hitches atau pengikatan sling pada beban dilakukan sebagai tahap persiapan sebelum aktivitas pengangkatan dimulai. Secara umum terdapat tiga jenis metode pengikatan sling yang utama sesuai dengan jenis, bentuk, dimensi dan berat beban yang akan diangkat. Apabila kita salah dalam menentukan metode pengikatan tersebut akan dapat berakibat fatal dalam proses pengangkatan dan hal terburuknya dapat mengakibatkan kegagalan dalam proses pengangkatan.

Beberapa rigger meskipun biasa melakukan pengikatan sling pada beban tetapi belum tentu dapat mengidentifikasi jenis metode pengikatan dan kapasitas sling tersebut, dikarenakan dalam tiap perubahan jenis pengikatan akan merubah kapasitas sling.  Sling dapat digunakan dalam tiga methode pengikatan, tetapi beberapa sling dapat juga di desain hanya khusus untuk satu jenis pengikatan saja sesuai dengan peruntukan pengangkatan yang akan dilakukan.

Tiga jenis pengikatan pada Sling :

Jenis Hitch

Pemilihan jenis sling dan cara pengikatan menyesuaikan dengan jenis, bentuk , dimensi dan berat dari beban yang akan diangkat. Sling harus terpasang dengan aman pada beban dan rigger memastikan dapat mengkontrol pergerakan beban untuk menghindari terjadinya melorot, meluncur atau jatuhnya beban.

Untuk lebih akurat dari kapasitas sling sesuai jenis pengikatannya dapat melihat dari data pabrikan. Berikut contoh Work Load Limit (WLL) sling sesuai dengan jenis bahan pembuat sling , metode pengikatannya dan kapasitas yang terjadi.

Webbing Sling Hitch

Webbing Sling Hitch

Wire Rope Sling Hitch

Wire Rope Sling Hitch

Chain Sling Hitch

Chain Sling Hitch

Writer: AP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *