13 March 2019

Pengetahuan Tentang Ban Forklift

Pengetahuan Tentang Ban Forklift

Forklift dioperasikan untuk membawa beban berat dan menempuh jarak tertentu sehingga ban yang direkomendasikan harus memiliki kapasitas beban yang sesuai, menawarkan kinerja ultra tinggi di semua medan dan memiliki tingkat keausan yang minim. Roda adalah salah komponen utama pada forklift yang selalu bersinggungan dengan landasan. Roda memiliki grip/alur untuk pergerakan, gesekan untuk pengereman dan elemen suspensi untuk keamanan dan kenyamanan. Roda yang terpasang harus dalam kondisi baik agar operasi forklift aman dan produksi tercapai. Kesalahan dalam pemilihan jenis roda dapat berakibat bahaya. Berdasarkan OSHA terdapat VII klasifikasi forklift dan terdapat 2 jenis type Ban yang digunakan yaitu Ban Solid dan Ban pneumatic.

  1. Ban Pneumatik / Ban Angin – ban yang diisi udara, terbuat dari karet tebal tahan lama  dan ban ini paling baik digunakan di luar ruangan dan medan kasar . Ban yang sangat tahan lama dan dijamin untuk pengoperasian forklift di medan berat.
  2. Ban Solid / Ban Padat – seperti namanya menunjukkan ban ini terbuat dari karet padat, yang berarti tidak bisa ditusuk. Ban solid terbuat dari karet padat dan biasanya optimal untuk penggunaan dalam ruangan, tidak dioperasikan pada medan yang terlalu kasar karena mereka tidak menawarkan perlindungan pada forklift. Ban solid juga dibuat untuk tahan lama, Mereka dirancang untuk bertahan selama bertahun-tahun.

Ban dapat mudah mengalami kerusakan, yang disebabkan karena salah dalam pengoperasian. Apabila telah terjadi kerusakan agar segera dilakukan perbaikan atau penggantian agar pengoperasian foklift aman. Diwajibkan pengecekan kondisi komponen forklift salah satunya ban harus rutin dilakukan.

Batasan Keausan Ban

  • Ban pneumatik harus memiliki alur /tread minimal 1 mm melingkar lebih dari 75% alur pada seluruh poros ban.
  • Ban solid sisa groove/alur dapat diukur dari indikator yang berada pada sisi samping pada ban (60J Line)

60J Line

Ban Forklift Baru

  • Apabila terdapat keraguan dalam perbaikan atau kesulitan dalam penentuan keausan pada ban dapat menghubungi pabrikan atau supplier ban.
  • Tidak semua jenis ban memilki tread/alur. Beberapa ban dapat dilakukan re-grooved oleh ahli sesuai dengan instruksi pabrikan dan tidak melebihi dari 60J line.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *