17 March 2019

Pengertian Safety Driving

Pengertian Safety Driving

APA ITU SAFETY DRIVING

Safety driving adalah perilaku mengemudi yang mengacu pada standar keselamatan berkendara dengan ketrampilan dan pengalaman berdasarkan standar keselamatan dan cara berkendara yang aman, selamat dan benar, ditambah dengan sikap mental positif dan kewaspadaan secara terus menerus dan bisa dikatakan lebih mengedepankan keterampilan seseorang.

Sementara defensive driving adalah perilaku mengemudi yang dapat menghindarkan kita dari masalah, baik yang disebabkan oleh orang lain maupun diri sendiri. Jadi bisa disebut bahwa defensive driving merupakan versi mengemudi yang lebih komprehensif karena tidak hanya butuh keterampilan tapi juga perilaku yang baik serta sikap berkendara yang menjamin keselamatan diri sendiri dan orang lain.

BACA JUGA: Tips Safety Driving Yang Wajib Diketahui

Mengemudi tidak hanya harus aman, efisien dan benar tapi juga harus bertanggung jawab. Inilah yang disebut sebagai behavior based driving. Meningkatnya kecelakaan disebabkan mayoritas faktor manusia.

Pengemudi defensif adalah mereka yang bisa mengendalikan emosi, tetap tenang, tidak mudah terprovokasi menanggapi kondisi di luar kendaraannya. Syarat utama lainnya adalah harus memiliki kewaspadaan terus menerus dan antisipasi serta kesadaran beretika dalam berkendara. Untuk mudah diingat: 4 A (Alertness, Awareness, Anticipation dan Attitude). Defensive driving merupakan pendekatan intelektual tentang bagaimana cara mengemudi dengan aman, benar, efisien dan bertanggung jawab.

Dan yang tak kalah penting lagi untuk diwaspadai dan diperhatikan adalah pengendara sepeda motor, sebab sepeda motor itu kendaraan yang mudah berubah arah, titik berat dan keseimbangannya sering berubah seiring pergerakan dan posisi motornya dan juga barang bawaan serta atribut yang dipakai oleh pengendara yang sering menjadi penyebab awal terjadinya kecelakaan. Misal tas selempang, jas hujan, baju hijap dan barang bawaan lain yang menjuntai. Apabila ukuran tas tidak besar, dapat ditaruh di bagasi motor di bawah jok bagi tipe motor yang dilengkapi bagasi, tas punggung juga perlu perhatian tali temali yang ada agar tidak menyangkut ke kendaraan lain di jalan. Untuk tas tote bag yang biasa digunakan pengendara perempuan, memiliki kecenderungan mudah jatuh dari pundak, hal ini akan mengganggu konsentrasi pengendara karena terus membenarkan posisi tas. Maka maksimalkan penggunaan bagasi motor dan pastikan tidak memakai atribut baik jas hujan maupun baju hijab yang menjuntai ke bawah. Sebagian besar kasus kecelakaan yang menimpa hijabers disebabkan oleh bagian busana yang tersangkut rantai  gir dan menggulung maka sebelum mengendarai sepeda motor lebih baik merapikan dahulu atau mengaitkan hijab ke bagian lainnya yang intinya jangan sampai menggangu atau menyebabkan kecelakaan.

Faktor jalan merupakan faktor ketiga setelah faktor manusia dan faktor kendaraan sebagai penyebab kecelakaan lalu lintas. Resiko kecelakaan ketika mengendarai kendaraan di jalan aspal yang halus tentu berbeda resikonya dengan berkendara di jalan aspal berlubang, jalan licin, becek dan sebagainya. Usahakan menghindari jalan berlubang, kurangi kecepatan dijalan yang becek sehingga jalan yang berlubang tidak bisa terdeteksi karena genangan air, hindari jalan yang gelap dan tidak cukup penerangan, jalan yang sering dilewati kendaraan bermuatan berat dan juga angkutan umum yang sering melanggar rambu-rambu karena kebanyakan dijalan ketika indikator akan menyala merah meraka bukannya menginjak rem untuk berhenti tapi malah tancap gas untuk bisa lolos dari lampu merah. Nah semisal kita berada didepan kendaraan lain sementara kita melihat indikator rambu stopan dari hijau sudah menyala kuning artinya sebentar lagi berubah merah maka sangat disarankan untuk menekan tuas rem dengan tujuan lampu indikator stop pada kendaraan yang kita naiki menyala sehingga memberi isyarat kepada pengendara yang dibelakang mengerti bahwa kita akan berhenti di lampu stopan sehingga kita selamat oleh tubruk  dari belakang pengendara yang ugal-ugalan dan tidak tertip berlalu lintas. Demikian sedikit tips dan trik agar kita selamat dalam berkendara.

BERANGKAT DARI DIRI SENDIRI DAN JADILAH PELOPOR KESELAMATAN BERLALU LINTAS SERTA BUDAYAKAN KESELAMATAN SEBAGAI KEBUTUHAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *