29 March 2019

APA ITU TOOLBOX MEETING

APA ITU TOOLBOX MEETING

Apa sih Toolbox meeting itu??

Toolbox meeting atau yang biasa pula disebut Safety talk merupakan sebuah upaya untuk mengingatkan kepada para pekerja tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja di area kerja. Biasanya materi yang diberikan melalui toolbox meeting ini sifatnya spesifik kepada lingkungan kerja, dilakukan pada lingkup tempat kerja yang spesifik dan tidak harus selalu dilakukan di ruang yang khusus. Cukup dengan memberikan briefing di area terbuka, karena pada inti pokoknya adalah adanya komunikasi tentang  memberitahukan bagaiaman selalu menjalankan aturan dari kesehatan dan keselamatan kerja itu sendiri.

 

Kenapa harus diadakan toolbox meeting dan apa pentingnya toolbox meeting ?

Manfaat toolbox meeting yaitu untuk pengenalan dan pengingat segala jenis prosedur/aturan-aturan dari kesehatan dan keselamatan kerja, agar sebuah aktivias pekerjaan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu safety talk berguna juga untuk selalu mengantisipasi dan lebih menyadarkan para pekerja tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja.

Menurut data penyebab terbesar terjadinya kecelakaan kerja berasal dari Unsafe Act atau prilaku tidak aman dari pekerja itu sendiri. Para pekerja tidak begitu sadar akan keselamatan kerja. contoh, tidak menggunakan alat keselamatan kerja sesuai dengan standar yang berlaku, tidak mematuhi SOP yang sudah diberikan oleh perusahaan dan lain sebagainya.

 

Cara melakukan toolbox meeting yang efektif dan efisien adalah dengan merangkum kumpulan materi toolbox meeting antara lain:

 

  1. materi yang menjadi pembahasan mempunyai hubungan denga area kerja atau medan kerja dari semua pegawai
  2. Cara menyampaikan materi usahakan dengan bahasa yang jelas dan singkat (tidak perlu terlalu bertele-tele yang justru membuat para pegawai tidak menangkap maksud dari materi tersebut)
  3. Lakukan contoh bagaimana mengatasi dan menanggulangi kecelakaan kerja di area kerja. Lakukan dengan contoh
  4. Selalu mencatat dalam sebuah note yang tertera tema dari materi toolbox meeting, catat tanggal dan jamnya juga. Hal ini berguna sebagai pengingat kepada para pegawai bahwa materi tersebut sudah pernah di sampaikan dalam sebuah forum toolbox meeting. Dengan begitu para pegawai akan selalu kontrol dalam menjalan setiap pekerjaan yang dilakukan di area kerja.

 

Pentingnya memberikan pengarahan dalam bentuk forum atau briefing toolbox meeting ini. Banyak para pegawai yang tidak mendapatkan materi toolbox meeting dari perusahaannya bernaung, akibatnya karena kurangnya pengetahuan tentang cara-cara melakukan pekerjaan dengan baik sesuai dengan bagian-baigian nya masing-masing para pegawai sering mengalami kecelakaan kerja.

Selain daripada itu, kesehatan dan keselamatan kerja sudah tertera pada undang-undang mengenai hak dan kewajiban terhadap kesehatan dan keselamatan kerja. Jika para pekerja tidak mendapatkan hak nya yaitu kesehatan dan keselamatan kerja, pekerja dapat melaporkannya ke dinas tenaga kerja.

Writer: FP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *