29 March 2019

Kenali Tentang Alergi

Kenali Tentang Alergi

Istilah alergi sangat sering kita dengar dalam kehidupan sehari – hari atau mungkin saja dari sebagian kita memiliki riwayat penyakit alergi. Apakah Anda tahu apa sebenarnya penyakit alergi itu ? Mari kita kenali lebih lanjut penyakit alergi dan apa saja gejala serta penyebab terjadinya alergi.

Tubuh dapat memberikan reaksi yang berbeda – beda terhadap hal yang sama. Sebagai contoh, Anda dapat menikmati udang tanpa masalah sedangkan teman Anda akan merasakan gatal setelah mengkonsumsi udang. Apa yang terjadi ?

Kemungkinan teman Anda memiliki faktor risiko terhadap udang. Alergi terjadi ketika tubuh memberikan respon berlebihan terhadap suatu hal yang sebenarnya tidak berbahaya bagi orang lain. Alergi adalah respon kekebalan yang sensitif terhadap zat yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh. Zat yang menyebabkan reaksi alergi disebut “alergen”. Alergen dapat ditemukan pada makanan, minuman atau unsur udara dan debu. Jika anda alergi terhadap suatu zat, misalnya debu, serbuk bunga, jamur, makanan atau lingkungan lainnya, sistem kekebalan tubuh anda akan bereaksi terhadap hal tersebut dan menganggap zat tersebut berbahaya untuk tubuh. Alergi dapat terjadi pada usia berapapun dan risiko tinggi terkenanya ialah faktor genetik. Hal ini terkait dengan riwayat alergi keluarga.

Alergi

Apa yang dimaksud ALERGEN ?

Alergen merupakan senyawa penyebab alergi. Alergen dapat memicu sistem imun bekerja berlebihan. Tipe alergen dapat beragam sebagai contoh alergen pada seseorang dapat berupa sengatan lebah sedangkan pada orang lain berupa makanan seperti telur atau udang. Beberapa alergen dapat menyebabkan kasus alergi lebih banyak dibandingkan lainnya. Sebagai contoh, banyak orang yang alergi terhadap kacang tetapi hanya sedikit orang yang alergi terhadap beras.

Bagaimana Alergi Timbul ?

Timbulnya alergi bisa dipicu oleh sekelompok alergen yang berbeda – beda. Gejala – gejala alergi yang muncul pun tidak sama, melainkan tergantung kepada jenis alergen dan bagaimana tubuh bersentuhan dengan alergen. Tubuh baru mengeluarkan gejala reaksi alergi beberapa menit setelah kontak dengan alergen dan gejala tersebut dapat berkembang secara bertahap dalam beberapa jam. Bisa saja mellaui saluran pernapasan, berasal dari makanan, melalui suntikan atau bisa juga timbul akibat adanya kontak dengan kulit seperti kosmetik, logam perhiasan atau jam tangan dan lain – lain.

Gejala Alergi

Reaksi alergi dapat menyebabkan gejala yang bersifat ringan, sedang sampai berat.

  1. Gejala ringan seperti rasa gatal atau hidung berair
  2. Gejala sedang bersifat lebih serius atau bahkan mengancam jiwa seperti kesulitan menelan atau bernafas.
  3. Gejala berat, berbahaya dan mengancam jiwa seseorang dapat berupa syok anafilaktik. Syok anafilaktik dapat dimulai dengan cepat. Gejala syok anafilaktik dapat berupa :
    1. Kesulitan atau rasa sakit ketika menelan atau bernafas
    2. Ruam yang muncul tiba – tiba dan menimbulkan rasa gatal pada kulit
    3. Denyut jantung yang cepat
    4. Pembesaran pembuluh darah sehingga terjadi penurunan tekanan darah tiba – tiba

Pencegahan Alergi

Cara paling ampuh dalam mencegah alergi adalah menghindari diri dari unsur pemicunya. Tapi jika gejala – gejala alergi terlanjur muncul, Anda dapat melakukan tes pemeriksaan alergi. Salah satu tes yang dapat dilakukan adalah tes darah, tes darah bila dikombinasikan dengan pemeriksaan dokter dapat membantu menentukan apakah Anda benar – benar alergi terhadap sesuatu yang dihirup, disentuh, atau dimakan. Dokter juga akan merekomendasikan pengobatan yang tepat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *