24 April 2019

KEBIASAAN BURUK YANG HARUS DIHINDARI

KEBIASAAN BURUK YANG HARUS DIHINDARI

Disaat bicara soal kesehatan, umumnya kita akan langsung tertuju pada pola makan dan olahraga. Meski dua hal itu krusial,  alangkah baiknya kita  menghentikan segala kebiasaan buruk yang kerap kali dilakukan baik secara sadar maupun tidak. Pasalnya, bila kebiasaan yang buruk bagi kesehatan tetap dilakukan, diet sehat dan olahraga juga tidak akan memberikan manfaat yang maksimal.

Berikut hal-hal yang perlu dihindari dalam aktifitas sehari-hari :

  1. Menahan Kencing.

Menahan kencing terlalu lama adalah hal yang kurang bagi kesehatan, karena akan membuat aliran urine terhenti dan memberi kesempatan bakteri untuk tumbuh di kandung kemih, lalu bakteri itu akan pindah ke ginjal yang bisa beresiko terkena penyakit seperti infeksi kandung kemih dan sakit ginjal.

  1. Terlalu lama mengunyah permen karet

Mengunyah permen terlalu lama dan setiap saat bisa menekan rahang. Kegiatan mengunyah berlebih itu akan menimbulkan cedera sendi dan nyeri setelahnya. Tak cuma itu, terlalu lama mengunyah permen karet juga membuat udara tertelan terlalu banyak dan bisa menyebabkan perut kembung.

  1. Menggigit kuku

Menggigit kuku dapat menyebabkan kerusakan pada kuku dan meningkatkan resiko infeksi kulit di sekitarnyajuga dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan atau infeksi lainnya karena masuknya kuman dari jari ke mulut dan dalam tubuh.

  1. Seharian menatap layar komputer

Menatap layar komputer terlalu lama tanpa jeda istirahat dapat menyebabkan masalah visual, termasuk ketegangan mata dan kerusakan retina.

  1. Duduk terlalu lama

Terlalu lama duduk dan tidak bergerak secara aktif dapat mengarah ke semua risiko kesehatan, termasuk kenaikan berat badan, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Selain itu, orang yang keseringan duduk juga biasanya mengalami ketegangan otot punggung dan leher.

  1. Membawa tas berat hanya di satu pundak

Saat Anda membawa tas berat di satu sisi, anda memberikan tekanan pada saraf yang akan memicu pegal, kaku serta nyeri di antara leher, bahu, dan tulang belakang. Bila hal tersebut dilakukan secara konsisten, postur tubuh pun akan terganggu.

 

  1. Memakai sepatu yang terlalu sempit

Hal ini biasanya paling sering terjadi pada wanita. Karena alasan estetika, wanita kerap mengorbankan kenyamanan dan kesehatannya sendiri. Padahal, memakai alas kaki yang salah dapat mempengaruhi kesehatan kaki, lutut, pinggul dan, punggung.

  1. Jadwal tidur yang tidak menentu

Dapat dipahami bahwa semakin bertambah usia dan semakin banyak hal yang mesti dikerjakan, kemungkinan untuk memiliki jadwal tidur yang tidak menentu semakin besar. Namun, kebiasaan tidur yang buruk seperti ini dapat menurunkan kesehatan fisik secara umum di kemudian hari.

  1. Memencet komedo dengan tangan

Saat memencet komedo menggunakan tangan, akan mengantarkan kotoran baru yang masuk ke dalam pori-pori. Kuman di tangan akan berpindah ke wajah. Kotoran yang masuk ke melalui pori-pori tadi akan membentuk infeksi bakteri dan terbentuklah jerawat.

Kebiasaan buruk di atas mungkin terlihat sepele. Namun, bila sering  dilakukan, bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan di masa mendatang. Jadi, jangan sia-siakan usaha mengatur pola makan dan olahraga hanya karena kebiasaan tersebut. Bila perlu, mintalah bantuan orang terdekat untuk selalu mengingatkan dan menghentikan bila kebiasaan buruk itu terulang kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *