26 April 2019

Membangun Kepercayaan Diri Saat Bekerja

Membangun Kepercayaan Diri Saat Bekerja

Anda tentu ingin dihargai oleh kolega dan atasan di kantor serta memiliki perkembangan karir yang baik, ‘kan Rekan Kerja? Nah untuk itu, Anda harus menunjukkan kinerja baik di tempat kerja serta meningkatkan rasa percaya diri. Rasa percaya diri bersumber pada keyakinan seseorang terhadap kemampuan dirinya sendiri. Orang yang percaya diri tidak akan mudah putus asa dan patah semangat karena dia tahu jika dirinya mampu.

Namun, masih banyak orang yang merasa kurang percaya diri saat bekerja, mungkin karena mereka belum mempunyai pengalaman atau masih berstatus karyawan baru sehingga merasa belum memiliki kemampuan yang baik. Padahal jika Anda percaya diri di tempat kerja, Anda akan cenderung lebih tegas dan memiliki banyak inisiatif. Hal ini tentu juga akan menguntungkan perusahaan, karena kontribusi Anda akan lebih positif terhadap kemajuan bersama.

Merasa tidak percaya diri akan membuat Anda cenderung untuk berpikir berlebihan, menunda-nunda sesuatu, merasa tidak berdaya dan lepas kendali. Efeknya dapat memengaruhi kredibilitas Anda di tempat kerja karena orang lain akan melihat Anda sebagai pribadi yang lemah, kurang mampu dan kurang dapat diandalkan. Tentu Anda tidak mau ‘kan hal ini terjadi? Well, ada tujuh cara yang dapat mengatasi kurangnya percaya diri di tempat kerja. Apa saja? Yuk, kita simak.

1. Tonjolkan kelebihan

Setiap orang tentu mempunyai kelebihannya masing-masing. Jika Anda termasuk orang yang pemalu dan introvert, Anda dapat menonjolkan kelebihan yang lain seperti ketelitian dan kecepatan kerja Anda. Fokuslah pada kelebihan, keterampilan dan bakat yang Anda miliki. Fokuskan pada ketiga hal tadi dibandingkan memikirkan segala kelemahan Anda. Ketika fokus pada kelebihan yang dimiliki, maka Anda akan lebih percaya diri dan dapat mendapatkan hasil yang lebih baik.

2. Jangan memikirkan standar yang ditetapkan orang lain

Terlepas dari situasi apapun yang membuat Anda merasa kurang percaya diri, Anda harus tetap berpegang pada standar yang Anda miliki. Orang lain pasti akan mempunyai nilai-nilai yang berbeda dengan Anda, dan sekeras apapun Anda mencoba, Anda tidak akan pernah bisa memuaskan keinginan semua orang. Jangan khawatir jika ada orang yang menyebut Anda pemalas, konyol, tidak masuk akal, atau yang lainnya. Jangan sampai pendapat orang lain terhadap diri Anda memengaruhi kinerja dan kepercayaan diri Anda.

3. Ketahui kemampuan diri

Menurut seorang ahli personal branding, Arruda, salah satu cara terbaik untuk membangun rasa percaya diri adalah dengan mengenali kekuatan Anda dan menemukan bagaimana caranya untuk mengintegrasikan kekuatan itu ke setiap apa yang Anda lakukan setiap hari. Jangan lupa ya, Anda diterima di perusahaan tempat Anda bekerja karena kualitas yang Anda miliki. Jadi hargailah kemampuan diri Anda dengan menunjukkan kinerja terbaik di tempat kerja.

4. Minta pendapat orang lain

Untuk mengetahui kemampuan dan kekurangan diri Anda, mintalah penilaian orang lain tentang tiga kekuatan besar diri Anda. Dr. Katharine Brooks, direktur Liberal Arts Career Services at The University of Texas di Austin berpendapat bahwa dengan mendapatkan umpan balik dari koelga, teman, atau atasan tentang bagaimana kualitas kerja, dapat mengidentifikasi kekuatan dan kekurangan Anda. Terkadang orang lain melihat bakat kita lebih dalam daripada diri kita sendiri, lho.

5. Bangun hubungan yang baik dengan sesama kolega

Berhubungan baik dengan kolega (Sumber: madonielive.com)

Cara ini merupakan cara paling mudah untuk membangun rasa percaya diri Anda di tempat kerja. Menjalin hubungan baik dengan kolega akan membuat Anda semakin nyaman dan percaya diri dalam bekerja. Jika Anda menjalin hubungan baik, Anda akan lebih paham dengan siapa Anda bekerja, sehingga akan timbul rasa saling percaya dan tidak ada lagi alasan untuk saling menjatuhkan antara satu dengan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat lebih memahami mereka jika ada tindakan kolega yang dapat memengaruhi kepercayaan diri Anda.

6. Miliki integritas

Integritas merupakan cara Anda memandang dan menilai diri Anda sendiri. Tentu masing-masing orang mempunyai penilaian mengenai diri mereka sendiri. Nah, agar Anda dapat lebih percaya diri, Anda harus mempunyai integritas. Integritas yang dimaksud di sini adalah nilai-nilai yang Anda percayai, yakini dan perjuangkan. Semakin kuat integritas Anda, maka Anda tidak akan mudah goyah atau terpengaruh dengan omongan orang lain. Selain itu, kepercayaan orang lain terhadap diri Anda juga akan semakin besar.

7. Rayakan prestasi

Tentu Anda memiliki prestasi yang berhasil Anda raih dengan susah payah ‘kan? Saat kepercayaan diri Anda hilang, maka ingatlah kembali segala perjuangan yang pernah Anda lakukan untuk meraih setiap prestasi yang sudah pernah dicapai sebelumnya. Cara ini dapat memicu kinerja dan kepercayaan diri Anda semakin meningkat sehingga karir yang didapat juga semakin berkembang.

Jangan meremehkan kemampuan yang Anda punya dan jangan pula terus menerus memikirkan kekurangan Anda. So, percayalah pada diri Anda dan orang lain juga akan lebih menghargai Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *