Amalan Yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

Amalan Yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

Ramadahan bulan penuh hikmah dan keutamaan. Di dalamnya terdapat berbagai macam amalan sunnah. Di antara amalan yang disunnahkan di bulan Ramadhan adalah sebagai berikut:

Pertama, makan sahur sesudah tengah malam walaupun hanya sedikit. Rasulullah bersabda:

عَنْ اَنَسٍ قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : تَسَحَّرُوْا فَإِ نَّ فِى السَّحُوْرِ بَرَكَةً

Artinya:

“Dari Anas bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Makan sahurlah kamu, sesungguhnya pada makan sahur itu berkah.” (HR. Bukhari-Muslim)

Kedua, mengakhirkan waktu makan sahur, kurang lebih beberapa menit (diperkirakan waktunya cukup untuk menghabiskan makanan) sebelum fajar shadiq dan menyegerakan berbuka puasa, ketika sudah nyata maghrib.

عَنْ اَبِي ذَرٍّ قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَ.مَ : لاَ تَزَالُ اُمَّتِيْ بِخَيْرٍ مَا اَخَّرُوا السَّحُوْرَ وَ عَجَّلُوْا الْفِطْرَ

Artinya:

“Dari Abi Dzar bahwa Rasulullah SAW bersabda,  ‘senantiasa umatku dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan makan sahur dan menyegerakan berbuka.’” (HR. Ahmad)

Ketiga, berbuka puasa dengan kurma atau sesuatu yang manis, atau dengan air. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

عَنْ سُلَيْمَا نَ ابْنِ عَامِرٍ الضَّبِيِّ عَنِ النبي ص.م. قَالَ : إِذَا اَفْطَرَ اَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى مَاءٍ, فَإِنَّهُ طَهُوْرٌ

Artinya:

“Dari Sulaiman bin Amir Adh-Dhabbiy, Nabi SAW bersabda, ‘ketika salah satu kamu sekalian puasa, maka berbukalah dengan tamar/kurma, jika tidak menemukan kurma, maka dengan air. Sesungguhnya air itu suci mensucikan.” (HR. Ibnu Huzaimah, Ibnu Hibban, Hakim, dan lain-lain).

Keempat, berdo’a sewaktu berbuka. Sabda Rasul SAW;

عن ابن عمر رضي الله عنهما : …اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُ ذَهَبَ الضَّمَاءُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْاَ جْرُ اِنْشَاءَ اللَّه.

Artinya:

“Dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah SAW apabila berbuka puasa beliau berdo’a: ‘Ya Allah, karena Engkau saya berpuasa, kepada Engkau saya beriman , dan dengan rizqi yang telah Engkau berikan saya berbuka, lapar dan dahaga telah hilang, urat-urat tenggorokan telah basah kembali dan pahala telah Engkau tetapkan, berdasarkan kehendak-Mu’”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Kelima, memberi makan untuk berbuka bagi orang-orang yang puasa. Sabda Rasulullah SAW:

مَنْ فَطَرَ صَائِمًا فَلَهُ اَجْرُ صَائِمٍ وَلاَ يَنْقُصُ مِنْ اَجْرِ الصَّا ئِمِ شَيْئٌ

Artinya : “barang siapa yang member berbuka orang yang berpuasa maka ia mendapat pahala, sebanyak orang yang puasa dan tidak mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun.” (HR. Tirmudzi)

Keenam, memperbanyak baca al-Qur’an.

Ketujuh, memperbanyak baca sedekah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *