Semua Pekerja Berperan Sebagai Safety Officer

Semua Pekerja Berperan Sebagai Safety Officer

Banyak diantara para Pekerja mengaitkan sebuah kecelakaan dengan Tindakan Tidak Aman ataupun dikarenakan Kondisi Tidak Aman, untuk pembaca yang tidak tahu tentang kedua hal yang disebutkan nantinya Admin akan membuat thread tersendiri untuk hal tersebut, namun dibawah ini dalah Summary singkat dari 2 hal yang Admin sebutkan.

Tindakan Tidak Aman merupakan sebuah perilaku yang dilakuan oleh seseorang atau sekelompok orang yang kemudian dapat membahayakan jiwa orang tersebut dan juga orang yang berada disekitarnya.

Sedangkan untuk Kondisi Tidak Aman adalah sebuah keadaan dimana sebuah lingkungan yang kita gunakan untuk bekerja tersebut memiliki kondisi berbahaya, seperti contohnya bekerja pada ketinggian dan juga lain lainnya.

Nah disinilah peran setiap Pekerja untuk memantau setiap pekerja lainnya agar saling menjada satu sama lainnya, hal ini sendiri bukanlah tanggung jawab Safety Officer seorang, namun Seluruh pekerja wajib memiliki peran sebagai Safety Officer, Para pekerja ini paling tidak memiliki 2 peran yang harus dilakukan untuk membuat pekerjaan menjadi aman.

  • Setiap pekerja harus selalu mentaati, mematuhi, mengikuti instruksi dari prosedur kerja yang sebelumnya sudah ditetapkan untuk kebaikan bersama, nah jika misalnya Prosedur yang kita ikuti tersebut misalnya sudah tidak relevan dengan aturan terbaru maka setiap pekerja wajib juga memberikan opini mereka ke atasan untuk meminta pembaharuan terhadap prosedur kerja yang ada.
  • Setiap Pekerja wajib untuk saling menjaga satu sama lainnya, misalnya saat kita bekerja jika kita melihat rekan kerja kita melakukan suatu tindakan tidak aman atau rekan kita berada dalam kondisi tidak aman maka Wajib untuk kita mengingatkan rekan tersebut agar Rekan kita terhindar dari kondisi yang tidak di inginkan.

 

Maka dari ini setiap Pekerja memiliki tanggung jawab yang sama – sama besar, tidak perduli apapun posisi kalian dalam sebuah pekerjaan, tentunya kita menginginkan kondisi kerja yang aman, maka lakukanlah 2 hal diatas untuk membuat suasana aman dalam bekerja tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *