Fungsi & Pentingnya Hand Glove Saat Di Lokasi Kerja

Fungsi & Pentingnya Hand Glove Saat Di Lokasi Kerja

Apakah kalian pernah mendengar pernyataan seperti dibawah ini saat kalian berada di area kerja ?

Kenapa sih kita harus menggunakan Hand Glove saat bekerja di area kerja? Memangnya sepenting itukah harus menggunakan Hand Glove? Ribet kalau harus menggunakan Hand Glove, toh tanpa pakai Hand Glove jauh lebih nyaman dan juga lebih mudah dalam melakukan berbagai macam aktifitas kerja

Jadi tujuan utama kita menggunakan Hand Glove saat  bekerja  adalah untuk melindungi tangan kita pada saat kita melakukan aktifitas bekerja di tempat atau situasi tertentu yang nantinya berpotensi untuk mengakibatkan cedera pada tangan milik kita.

Hand Glove atau yang biasanya sering juga disebut dengan sarung tangan pelindung/safety gloves merupakan salah satu Alat Pelindung Diri (APD) untuk melindungi seluruh bagian tangan kita hingga ke jari-jari selama melakukan sebuah pekerjaan.

Safety Glove ini berfungsi untuk melindungi tangan kita dari berbagai macam bahaya contohnya adalah dari api, suhu panas dan dingin, radiasi, arus listrik, benturan dan pukulan, tergores benda tajam/kasar.

Selain itu juga melindungi tangan dari kontak biologis atau bahan kimia dan infeksi virus ataupun juga bakteri.

Selain kita harus mengetahui fungsi dan juga tujuan dari menggunakan sarung tangan kerja/pelindung, kita juga harus tahu pentingnya memilih jenis dan bahan Safety Glove yang tepat dan sesuai dengan pekerjaan yang akan kita lakukan untuk mengurangi cedera tangan jika kita beraktifitas nantinya.

Dibawah ini adalah faktor utama yang perlu di identifikasi dan juga memerlukan pertimbangan saat memilih sarung tangan kerja/pelindung:

  • Memahami bahaya dan resiko yang akan dihadapi saat menangani bahan/benda/barang tertentu, misalnya jenis bahan kimia atau bahan biologis, durasi kontak dalam menangani bahan/benda/barang, sifat kontak bahan/benda/barang (benturan, percikan, goresan, gesekan).

 

  • Memahami bahan dan jenis sarung tangan dengan lapisan pelindung untuk melindungi terhadap suhu yang ekstrem, arus listrik, jenis bahan: kering, basah, berminyak.

 

  • Memilih sarung tangan yang pas dan tepat sesuai ukuran tangan (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil). Sarung tangan yang tidak pas akan membuat tangan menjadi tidak nyaman, kram ataupun terluka sehingga menghambat pekerjaan dan bahkan bisa membahayakan.

 

 

Jenis dan Bahan Sarung Tangan Kerja/Pelindung

Sarung tangan kerja dibuat dari berbagai macam bahan antara lain bahan kain, kulit, wol, lateks, karet, karet nitril, vinil, neoprene atau logam. Bahan-bahan tersebut dirancang untuk banyak jenis bahaya di tempat kerja. Secara umum, bahan pembuat sarung tangan kerja terbagi menjadi empat kelompok:

 

  1. Bahan Kulit, Kanvas atau Jaring Logam (Leather, Canvas or Mesh Metal Gloves)

Berfungsi untuk melindungi tangan dari permukaan yang kasar, perlindungan terhadap luka dan luka bakar, serta melindungi suhu yang esktrem (panas/dingin).

 

  1. Bahan Katun dan sejenisnya (Fabric and Coated Fabric Gloves)

Berfungsi untuk melindungi tangan dari benda atau permukaan yang tajam bergelombang dan kotor.

 

  1. Bahan Karet khusus yang tahan akan bahan kimia/cairan (Chemical and Liquid Resistant Gloves)

Sarung tangan yang dibuat dari bahan karet seperti butyl, latex, vinyl, neoprene dan nitrile berfungsi untuk melindungi tangan dari bahan kimi atau biologis yang beracun dan berbahaya.

 

  1. Bahan Karet (Rubber Gloves or Insulated Rubber Gloves)

Berfungsi untuk melindungi tangan saat sedang berhadapan dengan arus listrik tegangan rendah maupun tegangan tinggi.

 

 

Tips Penggunaan dan Perawatan Sarung Tangan Kerja/Pelindung:

 

  • Periksa kondisi sarung tangan sebelum digunakan untuk memastikan bahwa sarung tangan tersebut aman dan layak pakai.

 

  • Bersihkan sarung tangan secara teratur setelah digunakan.

 

  • Simpanlah sarung tangan pada tempatnya setelah digunakan.

 

  • Jangan menggunakan kembali sarung tangan yang terkena bahan kimia atau bahan biologis.

 

  • Buanglah sarung tangan yang sudah robek, rusak, berubah warna dan kaku.

 

 

Setelah kita mengerti pentingnya sarung tangan pelindung, jangan lupa memperlengkapi diri Anda saat bekerja demi keselamatan Anda sendiri. Selamat bekerja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *