Kegunaan Safety Vest Dan Kepentingannya Dalam Area Kerja

Kegunaan Safety Vest Dan Kepentingannya Dalam Area Kerja

Rompi merupakan salah satu dari alat pelindung diri yang dampaknya tidak dirasakan langsung akan tetapi berkontribusi besar terhadap keselamatan pekerja khususnya bagi mereka yang bekerja dengan mobilitas tinggi di dekat alat-alat berat dan kendaraan besar.

Beberapa kejadian kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh pekerja yang tidak menggunakan safety vest kerap terjadi pada pekerja yang sering berkontak langsung dengan pekerja alat berat dan kendaraan besar pada lingkungan proyek pertambangan maupun perkebunan kelapa sawit. Beberapa contoh kecelakaan kerja yang kerap terjadi seperti berikut ini:

  1. Pekerja di perusahaan A yang sedang mengoperasikan alat berat tidak melihat partner kerjanya dalam keadaan mengambil beberapa sampel bahan tambang yang akan diteliti saat itu berada di depan alat berat yang dioperasikan olehnya sehingga menyebabkan kematian akibat terhantam garpu alat berat.
  2. Supir truk pengangkut hasil tambang tidak melihat adanya pekerja di samping kendaraan yang sedang ia kendarai sehingga sang supir menyerempet pekerja tersebut.
  3. Pekerja tambang yang tertinggal di daĺam galian dikarenakan strip reflektor pada rompi tidak memantulkan cahaya pada saat dalam kondisi gelap sehingga pekerja tersebut kekurangan oksigen dan jasadnya sulit ditemukan.

Hal-hal mengerikan di atas mampu kita cegah dengan upaya pencegahan melalui penggunaan alat pelindung diri yang sesuai dengan standar serta memperhatikan masa pakai alat pelindung diri yang diberikan oleh perusahaan. Rompi pengaman sudah didesain dengan sangat nyaman agar memudahkan pekerja melakukan aktivitas operasional mereka.

Pemilihan safety vest yang dapat digunakan juga tidak bisa asal dan sembarangan. Aspek warna dan jenis bahan juga harus diperhatikan. Penting bagi perusahaan untuk paham dengan spesifikasi bahan safety vest yang akan digunakan pekerjanya karena pemilik perusahaan sendirilah yang mampu menyesuaikan bahan safety vest yang dipilih apakah telah sesuai atau tidak dengan kondisi lapangan.

Pekerja juga wajib menanyakan tentang penyediaan safety vest saat mereka melakukan kegiatan dan pekerja juga boleh menolak atau protes kepada atasan jika rompi pengaman yang disediakan tidak memenuhi standar karena dapat menimbulkan kecelakaan kerja yang tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi.

Safety vest yang baik dan sesuai dengan standar  adalah sebagai berikut:

  1. Safety vest sebaiknya menggunakan reflektor yang dapat memantulkan cahaya baik dalam kondisi siang maupun malam.
  2. Pantulan cahaya dari reflektor yang terdapat pada safety vest sebaiknya diuji secara berkala, sehingga fungsi dan kegunaannya mampu bekerja secara maksimal. Pastikan pantulan cahaya dari pita reflektor dapat terlihat jelas. Jika strip reflektor pada rompi sudah tidak bekerja dengan maksimal maka Anda tidak perlu khawatir dan cemas akan kehilangan biaya yang lebih besar jika harus mengganti rompi yang fitur reflektornya sudah tidak berfungsi dengan baik. Anda cukup mengganti strip reflektornya saja kemudian dijahit kembali pada rompi yang akan digunakan. Sudah banyak toko alat safety yang menyediakan reflektor safety vest yang dijual secara terpisah.
  3. Ukuran safety vest yang menyesuaikan bentuk tubuh penggunanya sehingga membuat pekerja lain mudah dalam mengenali serta melihat pergerakannya.

Ada 3 warna yang dapat dipakai sebagai warna material dasar dan material kombinasi. Warna tersebut adalah kuning-hijau, fluorescent oranye, dan fluorescent merah.

Pengguna harus memilih warna sesuai dengan pekerjaan dan lingkungan pekerjaan untuk memastikan warna yang digunakan sudah sangat terlihat.

Tidak ada yang sulit dalam upaya pencegahan kecelakaan kerja di lingkungan outdoor yang memiliki mobilitas tinggi dalam kontak langsung dengan alat dan kendaraan berat. Be careful everyday because safety has no holiday. Keep safety!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *