Pentingnya Penggunaan Safety Helmet Di Area Kerja

Pentingnya Penggunaan Safety Helmet Di Area Kerja

Nusantara Traisser – Tahukah kalian bahwa bagian Kepala memiliki setidaknya 7 titik paling lemah dalam tubuh manusia, artinya jika kita mengalami sebuah accident yang mengenai bagian – bagian kepala bisa dikatakan tubuh kita berada dalam kondisi yang cukup gawat.

Hal ini khususnya sangat perlu diperhatikan untuk orang – orang yang bekerja di area konstruksi, Pertambangan, Pengangkatan dan sebagainya, para pekerja tersebut haruslah menggunakan berbagai macam Alat Pelindung Diri salah satunya adalah Safety Helmet.

Safety Helmet

Safety Helmet adalah sebuah Helm khusus yang dirancang untuk digunakan pada Area Kerja seperti Area Industrial ataupun Area Konstruksi, yang berfungsi untuk Melindungi & Meminimalisir kepala kita dari berbagai macam Injury entah itu dari Objek jatuh, Debu, Hujan, ataupun Electric Shock.

Di dalam Safety Helmet biasanya terdapat Suspensi yang berfungsi untuk meredam impact dari objek benda jatuh sehingga mengurangi momentum ataupun menghentikan momentum benda jatuh tersebut agar tidak melukai kepala kita atau hanya terkena luka ringan saja.

Diatas adalah contoh dari penggunaan Safety Helmet yang digunakan untuk melindungi Kepala kita dari berbagai macam Drop Objek, bisa dibayangkan jika bagian kepala kita terkena objek benda jatuh tersebut apa yang akan terjadi kepada kepala kita jika kita tidak menggunakan pengaman seperti Safety Helmet.

Jenis – Jenis Safety Helmet Berdasarkan Warna

  • Helm safety warna putih biasanya digunakan oleh manajer, pengawas, insinyur, mandor.
  • Helm safety warna biru biasanya digunakan oleh site supervisor, electrical contractor atau pengawas sesaat.
  • Helm safety warna kuning biasanya gunakan oleh sub contractor atau pekerja umum.
  • Helm safety warna hijau biasanya dipakai dan juga digunakan oleh pengawas lingkungan.
  • Helm safety warna pink biasanya dipakai oleh pekerja baru atau internship.
  • Helm safety warna orange biasanya digunakan oleh tamu perusahaan.
  • Helm safety warna merah biasanya digunakan oleh safety officer yang memiliki tanggung jawab untuk mengecek system keselamatan telah terpasang dan berperan sesuai sama standard yang telah diputuskan.

 

Semoga informasi diatas bisa membantu kalian dalam melakukan bekerja secara aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *