27 September 2019

Masa Depan Smart PPE Untuk Dunia Safety

Masa Depan Smart PPE Untuk Dunia Safety

Nusantara Traisser – Minggu lalu Admin membahas tentang apa yang disebut dengan Internet Of Thing dan apa fungsinya untuk Dunia Safety kedepannya, nah kali ini Admin akan membahas salah satu Inovasi terbaru yang dihasilkan dan saat ini sedang dikembangkan oleh Para Team Ahli di bidang Safety diseluru dunia.

Penemuan terbaru ini disebut dengan Smart PPE ( Personal Protective Equipment / Alat Pelindung Diri  ), lalu apa sih yang disebut dengan Smart PPE tersebut ? Dan bagaimana Cara dan juga Fungsi dari Smart PPE ini, dan juga apa kelebihannya dibandingkan dengan Traditional PPE.

Apa Itu Smart PPE ?

Smart PPE merupakan sebuah perangkat yang menghubungkan antara System Canggih dengan PPE yang kita gunakan, nantinya Perangkat ini akan mengirimkan berbagai macam data dari Pengguna maupun Lokasi Pengguna dan juga lainnya.

Apa Yang Bisa Dilakukan Smart PPE ?

Smart PPE memiliki banyak sekali kegunaannya, dibawah ini adalah sedikit contoh tentang apa saja yang bisa dilakukan oleh Smart PPE:

Smart Communication Device

biasanya pada bagian Helm, Ear Muffs dan juga Face Mask dipasang sebuah Chip yang bisa digunakan untuk berkomunikasi di tengah suara bising.

Smart Cooling / Heating Element Device 

biasanya terdapat Chip Smart Sensor yang terpasang pada Coverroll pengguna yang berfungsi untuk memantau pengguna dan juga area tempat dimana kita bekerja, untuk pengguna sendiri Sensor tersebut berfungsi untuk memonitor suhu tubuh , detak jantung, tekanan darah dan juga tingkat kelelahan.

Smart Coverroll

Sedangkan untuk faktor eksternal sensor tersebut bisa digunakan untuk memberikan alarm jika terjadi pergantian suhu / perubahan suhu secara tiba – tiba ataupun Gas berbahaya yang tidak bisa dilihat seperti contohnya Carbon Monoxide dan Sensor tersebut akan memberikan alarm terhadap penggunanya.

Smartlockout / Tagout

Sensor ini juga terpasang pada APD, fungsinya adalah jika kita teledor dalam penggunaan alat maka alat akan berhenti bekerja agar tidak terjadi insiden yang melibatkan alat – alat.

Light Emmiting Garment

Untuk Smart PPE ini lebih memfokuskan pada Visibilitas, tujuannya agar penggunanya mudah terlihat dengan menggunakan PPE yang memancarkan cahaya, jika kita bekerja di malam hari menggunakan PPE ini maka kita akan mengetahui lokasi dari para pengguna PPE ini.

Smart Watch

Untuk Teknologi Smart Watch yang digunakan pada PPE tidak jauh beda fungsinya dengan Sensor yang ada pada Coverroll Smart PPE namun bedanya Coverroll Smart PPE mengumpulkan data tersebut untuk diunggah ke Server dan supaya pengamat bisa memantau setiap pekerjanya, sedangkan untuk Smart Watch kalian bisa mengecek keadaan kalian dari Smart Watch tersebut, selain itu Smart Watch juga digunakan untuk Mapping tempat area kerja dan kita bisa mengetahui dimana saja di area tersebut yang ada Pekerjanya.

Bagaiamana Smart PPE Bekerja ? 

Smart PPE menggunakan 2 Akses untuk bisa berjalan, biasanya menggunakan Jaringan Internet ataupun Jaringan Bluetooth, namun dikarenakan beberapa Area susah terjangkau oleh Internet maka Smart PPE kebanyakan menggunakan jaringan Bluetooth untuk beroperasi.

Selain itu Banyak sekali Smart PPE yang menggunakan System Perilon, Perilon merupakan EHS Management Software yang berfungsi untuk mengumpulkan berbagai macam data dari pengguna Software tersebut, dan dengan terkumpulnya data secara real time akan membuat analysist semakin mudah.

Siapa Yang Harus Menggunakan Smart PPE ?

Saat ini penggunaan Smart PPE sudah bisa dilakukan di berbagai macam Industri, dari mulai Industri Mining, Migas, Manufacture, dan juga Transportasi maupun Konstruksi bisa menggunakan Smart PPE ini.

Sisi Negative Smart PPE

Kesulitan paling utama dalam penyediaan Smart PPE adalah harganya, perlu diketahui saat ini untuk Riset Smart PPE sendiri membutuhkan dana yang cukup besar, dan harga dari Smart PPE sendiri pasti jatuhnya akan lebih mahal nantinya, Perusahaan kecil mungkin akan cukup susah dalam membeli Smart PPE ini, namun seiring dengan perkembangan Jaman kedepannya harga Smart PPE akan jauh lebih murah.

Selain tentang harga masalah lainnya adalah tentang Server dan juga Storage untuk menyimpan Soft File dari Laporan yang diberikan oleh Smart PPE, paling tidak kita membutuhkan Server dan juga Storage dengan kapasitas besar agar bisa berjalan dengan normal, dan tentu saja harganya pasti cukup mahal tergantung dari jumlah pekerja yang kita perlengkapi dengan Smart PPE.

Dibawah ini adalah contoh penggunaan dari bagaimana cara kerja PPE di Area Tambang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *