Pentingnya Research & Development Terhadap Energi Terbarukan

Pentingnya Research & Development Terhadap Energi Terbarukan

 

Nusantara Traisser – Energi memang suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dengan Kehidupan manusia, dan menjadi salah satu kebutuhan paling banyak di dunia selain Kebutuhan Pangan & Sandang, namun tahukah kalian bahwa Penggunaan Energi yang sudah lama dilakukan ini rupanya memiliki efek yang membahayakan untuk Bumi yang kita tinggali sekarang ?

Tahukah kalian tentang isu Climate Change yang akan menjadi salah satu penyebab manusia bisa musnah dimuka bumi ini ? Dan ini semua dikarenakan oleh Pengolahan dan juga Penggunaan Energi yang terlalu berlebihan sehingga membuat Bumi kita mengalami perubahan yang tidak berpihak kepada ekosistem umat manusia.

Mungkin kalian tidak sadar bahwa beberapa tahun belakangan ini Cuaca menjadi cukup panas dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya ? Alasan utama dari hal ini sendiri dikarenakan konsumsi energi dan pengolahan energi bahan bakar fossil dan juga pembakaran dari Batu Bara yang menyebabkan iklim menjadi jauh lebih berbahaya.

Hal ini sendiri pernah disampaikan oleh Dale Jamieson Professor Enviromental Study New York University bahwa hasil dari pengolahan Energi Fossil dan Energi lainnya membuat Cuaca di bumi jauh menjadi lebih panas, Penjelasan tersebut bisa kalian lihat pada Topic pembahasan dibawah ini.

Hal ini sendiri sebagian berhasil dibuktikan dengan kemunculan berbagai macam fenomena kerusakan alam yang terjadi di beberapa negara belakangan ini, sepertinya Terbakarnya Hutan Amazon, terbarkarnya Hutan di Indonesia dan berbagai macam kerusakan lainnya yang disebabkan oleh alam, Dari laporan terbaru juga menyebutkan bahwa Jepang beberapa waktu lalu baru dihantam oleh Badai dengan kekuatan tinggi yang bahkan lebih mematikan dari pada badai diseluruh dunia dalam kurun waktu 65 tahun belakangan.

Ditambah lagi dengan cuaca yang sangat panas ini membuat tingkat air laut di Seluruh dunia naik yang akan bisa menyebabkan bencana di seluruh negara, Jika kalian melihat laporan terbaru hal ini sendiri bisa dibuktikan dari adanya laporan bahwa Jakarta mengalami kenaikan air laut yang cukup tinggi hingga diulas oleh BBC beberapa bulan yang lalu.

Semua ini disebabkan oleh penggunaan Energi yang berlebihan, namun tahukah kalian kita sebenarnya bisa mencegah hal ini ? Bagaimana caranya untuk mencegah Perubahan Iklim terjadi ? Yaitu beralih dengan menggunakan Energi Alternatif yang tidak memiliki efek yang berbahaya untuk alam, sebenarnya research & Development tentang Energi terbarukan sudah lama ada, namun melihat hal ini berbagai negara sebenarnya sudah mengambil langkah dengan mulai menggunakan energi terbarukan, seperti contohnya adalah Penggunaan Listrik Tenaga Angin, Listrik Tenaga Surya, dan sebagainya yang memberikan sedikit efek untuk bumi.

Dengan adanya pengembangan terhadap Energi terbarukan ini diharapkan akan mengurangi perubahan iklim yang buruk untuk bumi kita, dan membuat bumi menjadi tempat yang bisa ditinggali untuk manusia dan mahluk hidup di bumi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *