6 December 2019

Pengertian K3 Dan Fungsinya Untuk Pekerja

Pengertian K3 Dan Fungsinya Untuk Pekerja

Nusantara Traisser – Di kehidupan sehari – hari ataupun di beberapa Instansi Pemerintahan atau dimanapun tempat kalian bekerja, kalian pasti pernah melihat ataupun mendengar tentang istilah ” K3 ” bukan ? namun sebenarnya apa itu K3 ? Dan kenapa K3 sangat penting fungsinya untuk setiap Industri ?

K3

K3 Adalah Sebuah singkatan dari kata ” Keamanan, Kesehatan Kerja ” nah untuk lebih mendalam Admin akan membagi beberapa Pengertian K3 dari berbagai kajian.

Pengertian K3 Secara Umum

K3 Merupakan sebuah ilmu pengetahuan dalam upaya mencegah terjadinya sebuah kecelakaan pada saat kita melakukan sebuah Pekerjaan, K3 juga bisa diartikan sebagai sebuah bidang yang berhubungan dengan Kesehatan, Keselamatan dan Kesejahteraan Manusia yang bekerja pada Project ataupun sebuah Institusi.

Pengertian K3 Secara Teori

Pengertian K3 Secara Teori merupakan sebuah pemikiran ataupun upaya yang dimaksudkan untuk menjamin keutuhan dan juga kemampuan jasmani dan rohani untuk keseluruhan manusia yang sedang bekerja ataupun masyarakat sekitar yang dekat dengan area sebuah Project ataupun Institusi.

Pengertian K3 Secara Ahli ( WHO, Mathis & Jackson, Ardana )

WHO ( World Health Organization )

Dilansir dari WHO, K3 merupakan sebuah upaya yang ditujukan untuk meningkatkan dan juga memelihara derajat kesehatan Mentanl, fisik, dan juga sosial yang setinggi-tingginya untuk para pekerja di seluruh jenis pekerjaan, pencegahan terhadap adanya gangguan kesehatan pekerja yang disebabkan oleh kondisi pada pekerjaan; perlindungan bagi pekerja dalam pekerjaannya dari risiko akibat faktor yang merugikan kesehatan.

Mathis & Jackson

Dilansi dari Mathis dan Jackson, K3 Merupakan kegiatan yang menjamin terciptanya sebuah kondisi yang kondusif dalam sebuah Pekerjaan, terhindar dari berbagai macam gangguan fisik dan juga mental melalui berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan Pelatihan dan Pembinaan, pengarahan dan juga kontrol terhadap pelaksanaan tugas dari Karyawan dan pemberi bantuan sesuai dengan aturan ataupun undang undang yang berlaku, baik dari Lembaga Pemerintahan atau Tempat dimana kita bekerja.

Ardana

Menurut Ardana, K3 Merupakan upaya perlindungan yang ditujukan untuk Tenaga Kerja ataupun orang yang berada di Area Kerja supaya selalu dalam keadaan selamat dan sehat sehingga setiap sumber Produksi bisa digunakan secara efisien dan juga dalam keadaan aman.

Nah setelah kita membahas tentang Apa itu K3, kali ini kita akan membahas tentang Cakupan Area K3.

Cakupan Area K3

Cakupan / Ruang Lingkup Area K3 sebenarnya ada banyak dan cukup luas, namun dibawah ini Admin akan membagi beberapa cakupan agar kita bisa lebih mudah dalam melakukan identifikasi bahaya dimanapun kita berada.

Area Kerja

Bekerja Di Area Terjal

Cakupan Area K3 salah satu yang paling utama adalah Area dimana kita bekerja, dari sini kita bisa melakukan berbagai macam identifikasi bahaya apa saja yang ada pada area kita bekerja, contohnya kita bekerja di area terjal, atau bekerja di area yang kurang penerangan dan lainnya, jika tidak diantisipasi maka bisa saja terjadi sebuah accident yang menyebabkan kehilangan nyawa ataupun menyebabkan Pekerja menjadi tidak sehat karena kondisi area kerja yang tidak mumpuni.

Bahan & Alat Kerja

Welder

 Ruang lingkup K3 lainnya yang paling patut dipertimbangkan selain Area Kerja adalah Alat dan juga Bahan bahan yang digunakan oleh para Pekerja, Hal ini dikarenakan Faktor utama dalam K3 adalah adanya berbagai macam Safety Device untuk memperkecil resiko terjadinya accident untuk para pekerja kita.

Selain dengan mengurangi resiko terjadinya accident para pekerja juga mengurangi resiko terhadap kerusakan bahan karena kita memiliki perlengkapan yang tepat untuk mengerjakan bahan bahan tersebut, nah selain itu untuk bahan bahan khusus seperti misalnya bahan kimia, pengamanannya harus lebih diperhatikan.

Ini dikarenakan bahan kimia memiliki tingkat resiko yang jauh lebih besar dibandingkan dengan bahan bahan lainnya, dan harus lebih memiliki penanganan yang jauh lebih mendetail dibandingkan bahan lainnya.

Metode Pengerjaan

Tugas Rigger

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah tentang SOP ( Standard Operasi Kerja ) atau yang biasa disebut dengan Metode Kerja, kenapa SOP penting, karena biasanya SOP dibuat dengan melihat berbagai macam kondisi keadaan di sekitar area kerja, mulai dari cuaca, personil, dimensi barang, isi barang.

SOP sendiri mencakup cukup banyak informasi penting ketika kita melakukan pekerjaan dilapangan, jadi kita hanya perlu mengikuti SOP saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *