30 January 2020

Mengenal Virus Corona & Cara Pencegahannya

Mengenal Virus Corona & Cara Pencegahannya

Nusantara Traisser¬†–¬†Belakangan ini mungkin kalian mendengar banyak hal tentang Virus Corona, namun apakah kalian mengerti tentang apa sih sebenarnya Virus Corona tersebut ? Kali ini Admin akan mendedikasikan tulisan ini untuk para Pembaca agar mengenal lebih mendalam tentang Virus Corona dan bagaimana Cara Pencegahan Virus Corona ini yang baru – baru ini menyebabkan keramaian di Seluruh Dunia.

2019-nCoV adalah nama Ilmiah dari Corona Virus ini, Virus ini pertama kali di identifikasi dan menyebar di Wuhan, Provinsi Hubei di Negara China pada akhir 2019 lalu, Hal ini diketahui ketika orang – orang yang terjangkit tiba – tiba terkena Pneumonia tanpa alasan yang jelas, bahkan Vaksin ataupun penangan untuk penyakit Corona sebelumnya yang berhasil mematikan virusnya ternyata tidak bisa membunuh virus ini.

Pada awal January 2020 Virus ini mulai menunjukan keganasannya, Virus ini mampu menyebar melalui transmisi dari manusia ke manusia lainnya, dan pada pertengahan bulan january 2020 Virus ini mulai menyerang sebagian negara selain China, diketahui ada beberapa laporan bahwa sebelumnya Virus tersebut memiliki masa inkubasi selama 2 – 14 hari, setelah itu pasien akan menunjukan berbagai macam gejala Pneumoia seperti Batuk, Demam, & Sulit Bernafas.

Corona Virus Demograpy
Source: Kompas

Kemudian pada tanggal 23 January Kota Wuhan ditetapkan untuk Di Karantina (Isolasi) secara menyeluruh, seluruh mode transportasi dilarang untuk masuk ataupun keluar dari kota tersebut, dan beberapa kota terdekat dari Wuhan setidaknya ada 15 Kota di Provinsi Hubei mengalami karantina serupa.

Apa itu virus corona?

Virus corona masuk dalam keluarga virus yang dapat menyebabkan penyakit sekecil demam, atau seserius MERS dan SARS, demikian menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Orang yang terinfeksi virus ini akan memiliki gejala mirip pneumonia.

Virus yang menyebabkan SARS ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, dalam beberapa kasus, seperti pada jenis virus corona ini, penularan dapat terjadi dari manusia ke manusia. Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan ada beberapa virus corona yang diketahui beredar pada hewan dan belum ditularkan ke manusia. Wabah corona dimulai di Wuhan, sebuah kota dengan penduduk 11 juta orang.

Banyak pasien dilaporkan sakit setelah mengunjungi Pasar Grosir Makanan Laut Hua Nan, pasar makanan laut dan hewan di kota itu, menurut Ramy Inocencio dari CBS News. Namun, jumlah penderita meningkat dan sebagian besar dari mereka tidak pernah mengunjungi Pasar Hua Nan, demikian menurut pejabat Cina.

Pasar tersebut telah ditutup pada 1 Januari 2020 untuk “sanitasi dan desinfeks,” demikian dinyatakan Organisasi Kesehatan Dunia.

Gejala Virus Corona

Gejala pilek atau flu biasanya muncul dari dua hingga empat hari setelah infeksi virus corona,

Gejalanya meliputi:

– Bersin

– Pilek

– Kelelahan

– Batuk

– Demam

– Sakit tenggorokan

– Memperburuk asma

– Sesak nafas

– Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia

– Sindrom pernapasan akut

– Gagal ginjal

– Dan kematian

Cara mencegah terinfeksi virus corona

Hingga saat ini tidak ada vaksin untuk virus corona, namun Melansir laman Web MD untuk membantu mencegah infeksi virus corona, lakukan hal yang sama yang Anda lakukan untuk menghindari flu biasa:

1. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air hangat atau dengan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

2. Jauhkan tangan dan jari dari mata, hidung, dan mulut Anda.

3. Hindari kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

4. Anda mengobati infeksi virus corona dengan cara yang sama Anda memperlakukan pilek, yaitu, – Beristirahatlah yang banyak.

– Minumlah cairan.

– Minumlah obat bebas untuk sakit tenggorokan dan demam.

Tapi jangan berikan aspirin kepada anak-anak atau remaja yang berusia kurang dari 19 tahun; gunakan ibuprofen atau acetaminophen sebagai gantinya.

– Pelembab ruangan atau mandi uap juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan gatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *