Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sebagai Fire Extinguisher

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sebagai Fire Extinguisher

Pengertian kebakaran adalah suatu reaksi oksidasi yang berlangsung secara cepat pada bahan pembakar dan disertai dengan adanya panas dari penyalaan api. Kebakaran dibentuk oleh adanya bahan bakar, adanya oksigen yang cukup, serta adanya panas yang sesuai atau cukup. Untuk mencegah terjadinya kebakaran, kita dapat memisahkan salah satu unsur dari ketiga unsur penyebab kebakaran tersebut. Jika kebakaran sudah terjadi, maka hal yang dapat kita lakukan adalah dengan memadamkannya dengan alat pemadam api ringan saat masih penyalaan mula, yaitu pada saat api belum membesar.

 

Pengertian Alat Pemadam Api Ringan

Sesuai dengan namanya, alat pemadam api ringan atau yang biasa disebut APAR adalah alat yang ringan dan tentunya mudah dilayani oleh satu orang pada saat orang tersebut melakukan pemadaman api di awal atau mula terjadinya kebakaran. Sumber bahan bakar sendiri dibagi menjadi 4 jenis, yaitu kebakaran bahan padat  kecuali logam (golongan A) misalnya adalah kayu, kertas, dan kain. Selanjutnya adalah kebakaran bahan cair atau gas yang mudah terbakar (golongan B) misalnya kebakaran akibat bensin, solar, dan oli, kebakaran instalasi listrik bertegangan (golongan C) contohnya kebakaran pada kulkas, AC, dan barang elektronik lainnya, dan yang terkahir adalah kebakaran jenis logam (golongan D). Untuk memadamkan masing – masing golongan kebakaran tersebut diperlukan juga jenis jenis apar yang berbeda.

 

Jenis – jenis Alat Pemadam Api Ringan

      Untuk memadamkan masing – masing golongan kebakaran tersebut diperlukan juga jenis -jenis apar yang berbeda. Berikut merupakan jenis – jenis APAR :

  • Jenis Cairan (air), digunakan untuk memadamkan api golongan A, yaitu bahan padat kecuali logam.

APAR Jenis Cairan

  • Jenis Busa, digunakan untuk memadamkan api golongan A dan B.

APAR Jenis Busa

  • Jenis Tepung Kering, APAR ini digunakan untuk melakukan pemadaman api golongan A, B, dan C

APAR Jenis Powder

  • Jenis Gas, digunakan untuk memadamkan api oleh seluruh golongan yaitu meliputi golongan A,B,C dan D.

APAR jenis Gas CO2

Kesimpulan :

Dari penjelasan diatas, maka kita dapat menyimpulkan bahwa :

  1. Kebakaran dibentuk oleh adanya bahan bakar, adanya oksigen yang cukup, serta adanya panas yang cukup. Untuk mencegah kebarakan kita dapat memisahkan salah satu unsur terjadinya kebakaran.
  2. Setiap APAR memiliki fungsi untuk memadamkan jenis bahan bakar yang berbeda, sehingga sebaiknya kita memahami dulu bahan bakar apa yang berpotensi mengakibatkan kebakaran di lingkungan kerja, agar kita dapat menyediakan APAR yang sesuai.

Demikian dengan adanya sedikit pengetahuan diatas semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Terima kasih.

 

Penulis: Mahfud Effendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *