11 February 2020

Mengenal Istilah Accident dan Incident

Mengenal Istilah Accident dan Incident

Terkadang kita selalu mengartikan bahwa suatu accident adalah sebuah incident. Bahkan secara tidak sadar sering kali kita menyebut ketika terjadi sebuah kecelakaan kerja di suatu perusahaan yang menimbulkan korban jiwa dan kerusakan properti kita menyebut kejadian tersebut adalah incident. Suatu accident adalah incident tetapi tidak semua incident adalah accident. Oleh karena itu, mari kita pahami bersama istilah accident dan incident berikut ini.

 

Pengertian Accident atau Kecelakaan Kerja

Accident atau kecelakaan kerja adalah suatu kejadian yang tidak diinginkan yang dapat menimbulkan kerugian baik materiil dan non materiil seperti fatality, cidera, rusaknya properti, hilangnya jam kerja dan lain – lain.

Contoh Kasus :

Dua orang yang tengah melakukan perawatan di Gedung X jatuh dari lantai empat gedung tersebut. Kecelakaan tersebut menewaskan dua orang yang sedang melakukan penggantian lampu disalah satu sisi gedung berlantai empat tersebut. Keduanya terjatuh setelah gondola yang mereka naiki tali slingnya putus.

 

Pengertian Incident

Incident  mirip dengan accident, namun yang membedakan adalahnya pada incident tidak disertai dengan kerugian. Yang termasuk dalam kategori incident adalah nearmiss atau hampir celaka.

Contoh Kasus :

Mr. X melakukan penggantian lampu pada kantor dengan menggunakan tangga. Namun ketika menaiki tangga hendak memasang lampu, tangga tersebut tidak stabil dan bergeser yang menyebabkan Mr. X hampir terjatuh dari tangga. Mr. X mampu menjaga kestabilan  tubuhnya sehingga Mr. X tidak terjatuh.

 

Kesimpulan :

Dari penjelasan diatas, maka kita dapat menyimpulkan bahwa :

  1. Dalam kehidupan sehari – hari yang kejadian kecelakaan yang menimbulkan kerugian baik materiil maupun non materiil yang kita tahu baik dari media elektonik maupun media sosial tentang penyebutan insiden, yang sebenarnya hal tersebut bukan insiden melainkan accident karena pada kejadian tersebut menyebabkan terjadinya hilang nyawa, cidera, dan kerugian materiil.
  2. Perbedaan paling mendasar antara accident dan incident adalah pada kerugian (loss) yang ditimbulkan akibat suatu kejadian yang tidak diinginkan. Dikatakan accident apabila kejadian tersebut menimbulkan suatu kerugian baik materiil maupun non materiil dan dinyatakan incident apabila kejadian tersebut hampir menimbulkan kerugian.

Writer: Indah Primawati FAA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *