Tips Mengejar Pahala Di Bulan Ramadhan 2020

Tips Mengejar Pahala Di Bulan Ramadhan 2020

Nusantara Traisser – Dibawah ini adalah beberapa Amalan yang bisa diamalkan untuk menambah Pahala pada bulan suci Ramadhan ini.

1. Tadarus dan Mengkhatamkan Alquran

Amalan bulan Ramadhan yang dapat dilakukan selain puasa adalah dengan membaca dan mengkhatamkan Alquran. Momen Ramadhan merupakan salah satu momen yang tepat untuk dijadikan rutinitas serta melebihkan dalam membaca Alquran. Khususnya bagi Anda yang jarang membaca Alquran di bulan lainnya.

Membaca Al-Quran memiliki banyak sekali kebaikan, terlebih Allah SWT akan melipatgandakan pahala pada setiap amalan yang dilakukan oleh ummat Islam di bulan suci Ramadhan ini.

Selain itu, usahakan juga untuk bisa khatam. Tidak hanya mengejar khatam Al-Quran, namun perlu juga diperhatikan untuk membacanya dengan baik dan benar.

2. Memperbanyak Sedekah

Salah satu amalan di bulan Ramadhan yang dapat dilakukan selain puasa adalah dengan cara memperbanyak sedekah. Rasulullah SAW merupakan orang yang paling dermawan di antara manusia lainnya. Beliau semakin dermawan saat berada di bulan Ramadhan (HR. Al-Bukhari No. 4711 dan Muslim No. 2307).

Oleh sebab itu, sudah semestinya sebagai umat Muslim untuk mencontoh beliau di bulan yang penuh barakah ini. Caranya dengan perbanyak sedekah, baik untuk kepentingan fi sabilillah maupun kaum dhuafa dan fakir miskin.

Nah, salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan selama Ramadhan ini adalah dengan memberikan ifthar (hidangan berbuka puasa) kepada orang-orang yang berpuasa.

3. Rajin Melakukan Shalat Tarawih

Ibadah Sunnah yang satu ini merupakan ibadah yang sangat khas yang hanya ada pada bulan Ramadhan. Ibadah ini juga merupakan salah satu amalan di bulan Ramadhan yang dilakukan selain puasa yang pahalanya tidak kalah berlipat-lipat besarnya. Maka dari itu, hendaknya sebagai umat muslim melakukan shalat sunnah Tarawih sebagai bekal memperoleh pahala dan memperoleh ridha Allah SWT.

4. Mendekatkan Diri atau Itikaf kepada Allah SWT

Salah satu amalan di bulan Ramadhan yang dapat dilakukan selain puasa yang selanjutnya adalah Itikaf atau mendekatkan diri kepada Allah SWT. Itikaf atau mendekatkan diri kepada Allah SWT ini biasa dilakukan di masjid pada saat bulan Ramadhan.

Pada sebuah hadits disebutkan bahwa, dari Ibnu Umar RA (diriwayatkan bahwa) Ia berkata: Rasulullah SAW selalu beritikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadhan. (HR. Al-Bukhari No. 2025 dan Muslim No. 2838).

Menurut para ulama, hukum Itikaf ini adalah sunnah, tidak wajib. Kecuali jika Anda telah bernazar untuk beritikaf karena sesuatu hal.

Waktu untuk beritikaf adalah di akhir bulan Ramadhan atau 10 hari terakhir, sebagaimana hadits yang disampaikan Aisyah ra, Nabi shallallahu alaihi wa sallam beritikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadhan hingga wafatnya kemudian istri-istri beliau pun beritikaf setelah kepergian beliau. (HR. Al-Bukhari No. 2016 dan Muslim No. 1172).

5. Melakukan Dzikir

Amalan bulan Ramadhan yang dapat dilakukan selain puasa selanjutnya adalah dzikir. Keistimewaan dzikir sesungguhnya pada malam dan siang Ramadhan merupakan waktu-waktu yang mulia dan utama.

Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan waktu tersebut untuk melakukan dzikir dan berdoa. Khususnya pada waktu-waktu yang istijabah, diantaranya saat berpusa hingga berbuka, saat malam terutama pada sepertiga malam terakhir, dan saat sahur.

6. Melakukan Shalat Lima Waktu

Selain menjadi kewajiban setiap umat muslim sehari-hari, pada saat datangnya bulan Ramadhan hendaknya lebih meningkatkan tingkat ibadah dengan rajin shalat lima waktu. Seperti yang dipercayai umat muslim, shalat adalah tiang agama.

Jika Anda melaksanakan shalat tepat waktu dan juga tanpa putus saat bulan Ramadhan, bukan hanya pahalanya aja yang berlipat ganda, tapi, satu rakaat shalat di bulan Ramadhan ini juga pahalanya lebih berkah dibandingkan seribu rakaat di bulan lainnya.

7. Berdakwah

Amalan bulan Ramadhan yang dapat dilakukan selain puasa yang berikutnya adalah melakukan dakwah atau menyebarkan ajaran kebaikan tentang agama Islam kepada orang lain. Berdakwah merupakan hal yang mulia karena tindakan tersebut merupakan seruan untuk kebaikan dan menghindari hal yang dilarang.

8. Bertaubat

Ramadhan merupakan bulan yang suci dan penuh ampunan. Amalan bulan ramadhan yang dapat dilakukan selain puasa berikutnya adalah bertaubat.

Sangat dianjurkan untuk bertaubat di bulan suci Ramadhan ini. Bahkan untuk mereka yang bersungguh-sungguh akan diibaratkan seperti bayi yang baru lahir, yaitu suci tanpa dosa. Bertaubat memang bisa dilakukan kapan saja, namun tidak ada salahnya untuk memohon ampunan kembali pada saat bulan Ramadhan ini.

9. Membayar Zakat

Amalan bulan Ramadhan yang dapat dilakukan selain puasa adalah membayar zakat. Zakat menjadi hal yang menyempurnakan amalan Anda pada saat melakukan ibadah di bulan Ramadhan.

Oleh karena itu, diwajibkan bagi setiap umat muslim untuk senantias mengingat untuk membayar zakat pada saat melakukan ibadah puasa Ramadhan agar ibadah anda semakin sempurna.

10. Umrah

Amalan bulan Ramadhan yang dapat dilakukan selain puasa yang terakhir adalah melakukan ibadah Umrah. Bagi para umat muslim yang telah merasa berkecukupan, usahakanlah untuk berangkat umrah pada bulan Ramadhan karena nilanya setara dengan haji bersama Rasulullah SAW. Dengan merasakan Ramadhan di Mekkah, pasti setiap orang akan lebih berfokus dan lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *