Adab Menerima Tamu Saat Pandemi Covid-19

Adab Menerima Tamu Saat Pandemi Covid-19

Hari raya Idul Fitri selalu dibarengi dengan adanya silaturahmi antar Keluarga, yang keluarga jauh datang dan berkumpul dengan seluruh keluarga utaman.

Namun kondisi lain terjadi pada tahun 2020 ini dimana saat ini kita terkena dampak pandemi Covid-19, dan diwajibkan untuk seminimal mungkin melakukan kontak dengan orang lain agar aman dari virus ini.

Namun jika ada tamu yang datang di tengah pandemi corona Covid-19, apa yang harus dilakukan? Dokter, peneliti, dan penganalisis DNA forensik dari Lembaga Biologi Molekuler Eijikman, Prof Herawati Sudoyo, memberikan sarannya. Hera mengingatkan, tamu tersebut mungkin saja bisa menjadi pembawa virus corona. “Sang pemilik rumah pun berhak untuk memberlakukan protokol bersih-bersih yang biasa dilakukan, misalnya meminta untuk cuci tangan, mandi, atau meletakkan jaket yang digunakan di luar rumah,”

Hal yang lebih ketat harus dilakukan jika di rumah ada kelompok orang yang rentan terinfeksi virus corona, misalnya orang dengan riwayat penyakit tertentu dan lansia.  Langkah pencegahan harus ditempuh mengingat anggota keluarga tersebut memiliki respons imun lebih rendah dibanding orang lain. “Kalau sudah ada riwayat penyakit dan positif, mereka sendiri sudah lemah, ada organ mereka yang sudah lemah, tentu saja tubuh tidak akan mampu melawan virus ini. Saya sebenarnya tidak mau ngomong lansia, karena usia hanya angka, tapi kan memang antibodi lansia pasti lebih lemah dibanding anak muda,” kata Dokter Hera.

Di sisi lain, pemerintah sendiri sudah mempersilakan pegawai untuk bekerja dari rumah. Indonesia baru saja mulai memberlakukan ini selama beberapa ini dan belum bisa dipastikan kapan akan berakhir. Meski berdiam di rumah, masyarakat diminta tetap tidak lengah. “Memang berbeda mood-nya kerja di kantor dengan di rumah. Mungkin agak bosan sedikit. Masalahnya, kita tidak tahu kondisi orang di sekitar, kita tidak boleh lengah,” tutur Dokter Hera

 


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/k8673307/public_html/responsiveweb/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 399

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *