Tips Penggunaan Webbing Sling Yang Aman Digunakan

Tips Penggunaan Webbing Sling Yang Aman Digunakan

Nusantara Traisser  – Webbing atau dengan sebutan lain sling belt merupakan alat bantu yang menghubungkan alat pengangkat seperti crane dengan benda yang diangkat. Webbing merupakan alat bantu umum yang telah dirancang fungsinya untuk mengangkat bahan atau barang yang memiliki bentuk besar dan berbobot berat.

Dibawah ini Admin akan memberikan Tips Penggunaan Webbing Sling yuk simak

1. Periksa kondisi sling anda sebelum digunakan

Jangan menggunakan webbing yang kondisinya sudah tidak layak digunakan. Apabila webbing putus saat digunakan, bisa berpotensi menjatuhkan beban yang berakhir pada cedera dan kematian di tempat kerja serta bisa juga menyebabkan kerusakan pada peralatan yang sedang diangkat atau dipindahkan. Jangan memaksa menggunakan webbing yang sudah terdapat lubang, terpotong ataupun terdapat sobekan. Hindari pula menggunakan webbing yang sudah terdapat jahitan, banyak goresan pada bagian body Webbing Sling.

2. Pastikan memilih jenis web sling yang tepat

Ada 2 jenis lifting slings, round sling dan webbing Sling. Round sling menawarkan fleksibilitas ketika mengangkat beban yang memiliki bentuk yang tidak teratur, sedangkan webbing sling memiliki area yang lebih besar dalam melindungi beban.

3. Perhatikan Beban Barang

Untuk menentukan jenis lifting sling yang anda butuhkan, anda harus mengetahui berat dari beban yang akan anda angkat. Contohnya, jika anda akan mengangkat beban sebesar 17 ton, maka anda membutuhkan lifiting sling dengan batas beban angkat (Working Load Limit/ WLL) sebesar 20 ton, bukan WLL dengan batas beban 15 ton untuk menopang beratnya. Setiap lifting sling memiliki WLL yang berbeda, jika batas ini melampaui berat dari beban yang akan anda, maka berpotensi merusak lifting sling yang anda gunakan.

4. Pastikan Berat Beban

Sling harus terpasang dengan aman dari beban maupun ke alat pengangkatnya untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti tergelincir, terjatuh ketika diangkat dan sebagainya. Ketika memasang sling sangat penting untuk menentukan metode pemasangan tali seperti apa yang akan digunakan.

5. Pastikan titik pengangkatan berada tepat diatas pusat gravitasi

Saat mengangkat beban berat, penting untuk anda menentukan titik pusat gravitasi. Fungsi dari menentukan titik pusat gravitasi adalah untuk mencapai kontrol penuh atas beban yang akan diangkat, jika beban tidak tertahan dengan benar oleh titik pusat gravitasi, maka beban yang sedang dipindahkan berpotensi berayun sehingga dapat menyebabkan beban rusak atau menyebabkan cedera pada pekerja lain apabila terlepas dari sling.

6. Pastikan webbing yang digunakan sejenis

Bila mengangkat sebuah benda seperti engine atau box yang membutuhkan lebih dari satu buah webbing, maka harus diperiksa apakah webbing yang digunakan memiliki panjang, warna dan WLL yang sama atau tidak sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *