Perlunya Peran HR Untuk Membantu Perusahaan Berkembang

Perlunya Peran HR Untuk Membantu Perusahaan Berkembang

Nusantara Traisser – Berkembangnya suatu perusahaan sangat bergantung pada Sumber Daya Manusia (SDM) di dalamnya, mulai dari karyawan hingga manajemen. SDM yang berkualitas dan memiliki kompetensi di bidangnya secara tidak langsung dapat membantu sebuah perusahaan untuk berkembang.

Namun, untuk memiliki SDM terbaik, perusahaan juga harus mengelolanya dengan baik, karena itulah dibutuhkan HR manajemen yang dilengkapi dengan kompetensi yang tepat dan benar.
HR manajemen dapat membantu perusahaan mendapatkan SDM berkualitas yang membantu perusahaan mencapai tujuannya. Di mana, manajemen HR ini yang akan membantu perusahaan merekrut dan menyeleksi SDM serta memastikan bahwa semua karyawan mematuhi seluruh kebijakan perusahaan.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan divisi HR untuk membantu perusahaan berkembang? Di bawah ini Talenta akan menjabarkan beberapa peran penting HR Manajemen dalam mengembangkan perusahaan.

Recruitmen

Meski banyak orang yang mencari pekerjaan dan perusahaan Anda merupakan perusahaan besar dan ternama, mencari talenta terbaik bukan lah hal yang mudah. Di sinilah peran HR untuk melakukan tiga aktivitas penting sebelum melakukan rekrut karyawan, mulai dari perencanaan, penarikan tenaga kerja, dan seleksi calon karyawan.
Dalam menentukan calon karyawan, seorang HR harus melakukan proses identifikasi dengan teliti, apakah calon karyawan tersebut memenuhi kebutuhan perusahaan dan mampu mengisi posisi yang sedang dicari? HR juga harus memahami dengan pasti siapa calon karyawan tersebut. Mulai dari cara kerjanya, kemampuannya, pengalaman, dan masih banyak lagi.

Work Evaluation

HR Manajemen juga harus memahami job description seluruh karyawan di masing-masing jabatannya. Hal ini sangat penting ketika perusahaan ingin melakukan penilaian kinerja atau evaluasi kerja. Biasanya, perusahaan akan melakukan evaluasi kerja per 1 tahun atau per 6 bulan.

Dengan memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing karyawan, HR dapat memastikan kinerja seluruh karyawan sudah baik dan sesuai dengan kapasitas perusahaan.
Selain itu, HR juga harus memastikan bahwa manajer di masing-masing divisi memahami cara pembuatan standar kinerja, sehingga mempermudah ketika evaluasi ini berjalan. Karena, evaluasi kerja bukan hanya datang dari seorang HR, tapi juga dari atasan masing-masing karyawan, dalam hal ini adalah manajer.

 

Worker Compensation

Setiap tahunnya, sebuah perusahaan berkewajiban untuk menaikkan gaji karyawan. Dalam melakukan proses kenaikan gaji ini, manajer dan HR harus melakukan koordinasi yang baik. Di mana, seorang manajer bertanggung jawab atas kenaikan gaji, sedangkan HR bertanggung jawab mengembangkan struktur penggajian yang terbaik.
Bukan hanya masalah gaji, HR juga harus memahami keseimbangan kompensasi mulai dari bonus tahunan, reward, kenaikan jabatan, dan masih banyak lagi. Ini menjadi salah satu hal penting dan juga bisa menghabiskan waktu seorang HR.

Training & Development

Tugas utama seorang HR adalah mengembangkan perusahaan lewat SDM terbaik. Untuk mendapatkan karyawan dan SDM terbaik, seorang HR harus memberikan training dan pengembangan bagi karyawan. Pelatihan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan karyawan dan perusahaan.
Misalnya, seorang manajer harus diberikan training tentang pentingnya leadership. Selain itu, HR juga harus menyediakan training bagi karyawan baru berupa onboarding karyawan, hal ini penting untuk memberikan pengetahuan bagi karyawan baru mengenai berbagai hal tentang perusahaannya.

Work Relation

Karena sibuknya seorang HR, banyak HR yang mengabaikan masalah ini. Padahal, tanpa adanya hubungan yang baik antar HR dan karyawan bisa menyebabkan demonstrasi atau mogok kerja. Kurangnya intensitas HR ke perusahaan  bisa memengaruhi kinerja karyawan, sehingga menyebabkan perusahaan menjadi tidak produktif.
Karena itulah, HR harus menyisihkan waktu untuk setidaknya mengobrol dan menanyakan pendapat seorang karyawan. Jika dirasa ini membutuhkan waktu yang banyak dan tidak efisien, HR bisa melakukannya dengan membagikan survei karyawan secara rutin. Masukan dari karyawan ini juga bisa menjadi salah satu strategi HR untuk memberikan kegiatan yang bisa membangun hubungan baik antara HR, karyawan, dan perusahaan,

Menyiapkan Keselamatan & Kesehatan Karyawan

Karyawan merupakan aset paling berharga yang dimiliki perusahaan, karena itulah HR harus memperhatikan keselamatan dan kesehatan mereka. Sebagai seorang HR, Anda harus mengikutsertakan karyawan dalam program keselamatan kerja untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, serta menciptakan kondisi yang sehat.
Selain itu, Anda juga bisa membuat suatu kebijakan yang bisa meningkatkan kesehatan karyawan, misalnya saja membuat program olahraga bersama setiap hari Jumat atau memberikan mereka diskon untuk berlangganan gym, dan masih banyak lagi.

Selain itu, HR juga harus mengingatkan bahwa keselamatan kerja merupakan hal yang paling penting. Karena itulah HR juga bertanggung jawab untuk memberikan pelatihan mengenai keselamatan kerja, serta memperbaiki kondisi bila ada yang membahayakan untuk karyawan. Juga memberikan laporan bila terjadi kecelakaan pada karyawannya.

Itulah beberapa peran penting HR manajemen di sebuah perusahaan. Banyak hal yang menjadi tanggung jawab dan harus diperhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *