31 August 2020

Jaga Kesehatan Di Musim Panas

Jaga Kesehatan Di Musim Panas

Nusantara Traisser – Cuaca panas memang bisa menghambat aktivitas kita. Bagi yang memiliki rutinitas melakukan pekerjaan atau berkegiatan di luar rumah, perlu lebih berhati-hati dalam menjalankan kegiatan. Untuk menjaga kesehatan saat cuaca panas, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Bila suhu udara masih sekitar 27 derajat celcius, beraktivitas di luar ruangan masih terbilang aman dan nyaman. Namun, bila cuacanya sangat panas, maka penting bagi kita untuk lebih berhati-hati demi mejaga kesehatan kita. Beirkut lima tips dasar yang perlu diikuti untuk menjaga kesehatan saat cuaca panas.

1. Minum Banyak Air Putih

Tak perlu menunggu haus untuk minum. Selalu penuhi kebutuhan air minum. Jangan sampai dehidrasi. Dilansir dari healthlinkbc.ca, jika mengalami gejala seperti keletihan, mual, kepala pening, keram, dan sakit kepala, maka hentikan aktivitas. Segera cari tempat sejuk dan minum banyak air.

2. Hindari Berolahraga di Tengah Cuaca Panas

Saat cuaca sedang panas dan suhu sedang tinggi, hindari berolahraga atau melakukan aktivitas yang terlalu melelahkan. Tak perlu memaksakan diri berolahraga atau melakukan aktivitas di luar ruangan jika cuaca sangat panas. Bila akan beraktivitas di luar ruangan, kenakan tabir surya dan pakai topi atau bila perlu payung untuk melindungi diri tetap teduh di tengah panas.

3. Konsumsi Makanan Lebih Sering Dengan Porsi Kecil

Dilansir dari betterhealth.vic.gov.au, saat cuaca sangat panas, disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi lebih sering. Bisa konsumsi makanan yang dingin seperti salad atau makanan berkuah. Buah-buahan yang mengandung banyak air juga baik dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi.

4. Hindari Minuman Berkafein

Air putih merupakan minuman yang paling ideal untuk diminum cukup banyak agar terhindar dari dehidrasi. Minuman berkafein seperti teh dan kopi perlu dihindari. Dilansir dari health.nsw.gov.au, minuman berkafein seperti teh dan kopi bisa membuat dehidrasi makin memburuk. Minuman beralkohol juga perlu dihindari. Minuman berpemanis pun perlu dibatasi. Bila beraktivitas di luar ruangan, selalu bawa sebotol air minum untuk menemanimu beraktivitas sehari-hari.

5. Jaga Tubuh tetap Dingin

Saat cuaca sangat panas, hindari beraktivitas di luar ruangan mulai pukul 11 siang hingga pukul 5 sore. Jagah tubu tetap dingin. Bisa dengan merendam kaki dalam air dingin atau mengompres tangan atau leher dengan kompres dingin. Jangan lupa untuk tetap mandi rutin untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan selama beraktivitas.

Semoga tips-tips di atas bisa membantumu untuk menjaga kesehatan saat cuaca panas dengan lebih baik, ya. Bila mengalami penyakit atau mengalami gangguan kesehatan, segera periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

 


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/k8673307/public_html/responsiveweb/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 399

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *