16 September 2020

Kenalan dengan K3 dan Istilah – Istilahnya

Kenalan dengan K3 dan Istilah – Istilahnya

Nusantara Traisser – 

K3 adalah singkatan dari Kesehatan dan Keselamatan Kerja, yaitu suatu bidang atau ilmu yang berguna untuk penerapan pencegahan kemungkinan terjadinya kecelakaan dan penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan dan lingkungan dimana kita bekerja.

Pada umumnya K3 merupakan sebuah upaya preventif bagi Perusahaan, pekerja dan lingkungan kegiatan kerja dalam melindungi diri dari kejadian yang menimbulkan kerugian baik bagi lingkungan, perusahaan maupun pekerja.

K3 biasanya berkaitan dengan mesin, transportasi, alat kerja, bahan dan proses pengolahannya, pembangunan konstruksi gedung, dan lingkungan kerja serta cara melakukan suatu pekerjaan agar menjamin keselamatan kerja termasuk di dalamnya penggunaan alat pelindung diri (APD), pengaturan kerja yang sesuai, dan juga perawatan mesin baik mesin kendaraan, mesin pabrik dan lain sebagainya.

Istilah-istilah bahaya yang sering ditemui dalam lingkungan kerja meliputi beberapa hal sebagai berikut:

  • Hazard (Sumber Bahaya)

    Keadaan yang dapat menimbulkan penyakit, bahaya, kecelakaan, dan kerusakan yang mungkin dapat terjadi kepada pekerja.

  • Danger (Tingkat Bahaya)

    Peluang bahaya sudah tampak (kondisi bahaya sudah ada tetapi dapat dicegah dengan berbagai tindakan preventif.

  •  Risk (Resiko)

    Perkiraan tingkat keparahan terjadinya bahaya dalam kondisi tertentu.

  • Incident

    Munculnya kejadian yang tidak diinginkan yang tidak disertai korban namun berhubungan langsung dengan sumber energi yang terlalu berlebihan.
  • Accident (Kecelakaan Kerja)

    Kejadian bahaya yang disertai adanya korban atau kerugian (manusia ataupun benda)

Di dalam pelaksanaannya, K3 juga menerapkan peraturan pemakaian alat pelindung diri. Apa sajakah Alat Pelindung Diri yang sesuai dengan standar K3? Berikut penjelasannya:

  • Helm Safety

    Helm ini memberikan perlindungan kepala dari kejatuhan benda tajam, benturan, atau tertimpa bahan pekerjaan yang berukuran kecil seperti kerikil. Helm ini dapat juga membuat perlindungan kepala dari radiasi panas.
  • Sabuk Tali Keselamatan

    Sabuk keselamatan atau safety belt ini biasa digunakan oleh pekerja yang melakukan pekerjaan di bidang miring atau ketinggian. Sabuk keselamatan yang dimaksud seperti harness dan lanyard.

  • Sepatu Safety

    Sepatu pelindung ini berperan membuat perlindungan kaki dari bentrokan atau tertimpa benda berat, tertusuk benda tajam, tersiram cairan panas atau dingin, uap panas, bahan kimia beresiko maupun permukaan licin. Beragam sepatu safety dapat disesuaikan dengan keperluan pekerjaan. Mulai dari anti slip, anti-listrik, anti panas, anti-bahan kimia, anti paku dan lain-lain.
  • Penutup Telinga

    Penutup telinga dapat terbagi dalam 2 jenis yaitu sumbat telinga (ear plug) atau penutup telinga (ear muff), yang berperan membuat perlindungan telinga dari kebisingan maupun desakan.

  • Kacamata Safety

    Kacamata berperan membuat perlindungan mata dari paparan partikel yang melayang-layang di udara maupun di air, percikan benda kecil, benda panas, maupun partikel-partikel kecil yang bertebaran.
  • Peralatan Umum

    Ada beberapa alat pelindung diri yang bersifat umum dimiliki pekerja seperti sarung tangan dan masker. Sarung tangan ini berperan membuat perlindungan jari-jari tangan dari api, suhu panas, suhu dingin, radiasi, arus listrik, bahan kimia, bentrokan, pukulan, maupun tergesek benda tajam. Sarung tangan ini terbuat beragam jenis material, tergantung pada keperluan. Ada yang terbuat dari logam, kulit, kanvas, kain, karet serta sarung tangan yang tahan pada bahan kimia.

  • Masker

    Masker pernapasan atau biasa disebut dengan respirator berperan membuat perlindungan organ pernapasan lewat    cara menyaring cemaran bahan kimia, partikel debu, uap, asap, maupun gas. Hingga udara yang dihirup masuk kedalam tubuh hanya udara yang bersih saja.

 

Setelah mengetahui penjelasan tentang apa itu K3, maka kita akan lebih paham tentang fungsi penggunaan alat pelindung diri yang kita gunakan. Pada dasarnya K3 merupakan upaya pencegahan kecelakaan dan keselamatan kerja agar terhindar dari bahaya yang tidak diinginkan.

Upaya tersebut bukan hanya berlaku untuk melindungi diri sendiri tetapi untuk perlindungan semua orang. Tetap semangat dan terus gunakan alat pelindung diri dengan baik ya, Sobat Safety.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *