21 September 2020

Mengenal Emergency Response

Mengenal Emergency Response

Nusantara Traisser – Emergency Response Plan atau kita kenal juga dengan Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Bencana adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna. Indonesia yang secara geografis dikelilingi tiga lempeng tektonik aktif, deretan gunung api aktif bagian dari ring of fire dan dilewati garis khatulistiwa, menyebabkan Indonesia menjadi wilayah yang rawan bencana. Selain itu, kondisi hidrologi juga sangat berpengaruh terhadap fenomena alam yang dapat berujung bencana seperti angin puting beliung, banjir, banjir bandang dan longsor.

Dalam menghadapi bencana, tentunya dibutuhkan sikap, pemikiran dan perilaku tangguh sehingga dibutuhkan sebuah proses internalisasi antara pengetahuan dan pengalaman sehingga diharapkan timbul kesadaran tidak hanya pada sikap tetapi juga pemikiran dan perilaku. Kesiapsiagaan menjadi elemen penting sebagai bentuk tangguh menghadapi potensi bencana. Tidak hanya untuk individu, perusahaan juga perlu memikirkan emergency response plan seperti apa yang harus dibuat dan disosialisasikan apabila terjadi keadaan darurat yang menyebabkan proses bisnis terganggu hingga terpaksa berhenti. Bukan hanya mengamankan karyawan, perusahaan juga harus memikirkan bagaimana rencana pengamanan asset yang ada.

Menurut UU RI No. 24 Tahun 2007, Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Bencana adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna. Dalam menghadapi ancaman bencana, kesiapsiagaan menjadi kunci keselamatan Anda. Indonesia memiliki beragam potensi keadaan darurat yang dapat terjadi seperti tsunami, gempa bumi, kebakaran, banjir, tanah longsor, kekeringan, dan yang lainnya sehingga masyarakat dihimbau agar memiliki kesiapsiagaan yang tepat agar bias melakukan penanggulangan penyelamatan baik diri sendiri maupun orang lain.

Bagaimana upaya kesiapsiagaan yang harus dilakukan dengan tepat bagi para karyawan di perusahaan?

1. Memahami bahaya di sekitar Anda.
2. Memahami sitem peringatan dini setempat.
3. Mengetahui rute evakuasi dan rencana pengungsian
4. Memiliki keterampilan untuk mengevaluasi situasi secara tepat dan mengambil inisiatif tindakan untuk melindungi diri.
5. Memiliki rencana antisipasi bencana dan mempraktikan rencana tersebut dengan latihan.
6. Mengurangi dampak bahaya melalui upaya mitigasi
7. Melibatkan diri dengan berpartisiapasi dalam pelatihan kesiapsiagaan tanggap darurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *