Mengenal Lebih Dalam Penggunaan Earmuff dan Earplug

Mengenal Lebih Dalam Penggunaan Earmuff dan Earplug

Apa Itu Earmuff & Earplug ?

Earmuff dan Earplug adalah Alat Pelindung Diri yang digunakan untuk melindungi telinga dari suara bising yang ada ditempat kita bekerja.
Meskipun keduanya berfungsi sebagai pelindung telinga, namun sebenarnya kedua Alat Pelindung Diri ini cukup berbeda loh dalam pengaplikasian perlindungannya, mari kita bahas lebih mendalam dibawah ini.

Pentingnya Penggunaan Earmuff & Earplug

Untuk kalian yang bekerja di bidang Industri Musik dan Hiburan, Konstruksi, Manufaktur, maupun Industri Manufaktur, kalian harus selalu waspada dengan tempat kerja kalian, hal ini dikarenakan paparan kebisingan pada area kerja Industri diatas rata – rata lebih dari 85dBA.
Jika hanya sekali atau dua kali hal ini bukan menjadi masalah, namun sebagai Pekerja tentunya kalian akan berada ditempat tersebut secara terus – menerus selama kontrak bekerja kalian masih berlaku, sehingga nantinya akan menyebabkan berbagai macam resiko kesehatan dan keselamatan bagi pekerja.
Perlu Diketahui batas maksimal paparan kebisingan adalah 85dBA dan setiap pekerja hanya bisa menerima paparan sekitar 8 jam per hari, selebihnya akan berbahaya bagi Pekerja.
 
Source: PERMENAKERTRANS NO. PER.13/MEN/X/2011
ika kalian bekerja dalam waktu lama di area dengan tingkat kebisingan yang sudah melampaui batas, maka kalian akan merasakan efek samping yang mempengaruhi kesehatan kalian, seperti misalnya telinga kalian mengalami penurunan performa pendengaran, kemudia terjadinya stress yang diakibatkan pekerjaan.
Bukan hanya ini saja, bahkan kalian juga bisa mengalami penurunan performa saat bekerja jika kalian tidak menggunakan peralatan yang memadai, maka dari itu kalian harus memastikan bahwa sebelum kalian bekerja kalian harus menggunakan Peralatan Alat Pelindung Diri secara lengkap.

Perbedaan Earmuff & Earplug

Setelah kita membahas tentang pentingnya penggunaan Earmuff dan juga Earplug, kali ini kita akan membahas perbedaan kedua Alat Pelindung Diri ini, meskipun keduanya sama – sama berfungsi melindungi telinga, ternyata keduanya memiliki pengaplikasian yang beda seperti yang sudah Admin singgung sebelumnya, yuk simak.
Earplug
Ear Plug
Sesuai dengan namanya, Earplug adalah alat penyumbat telinga yang penggunaannya hanya perlu memasukan sumbat telinga tersebut ke area telinga kita, biasanya untuk Safety Operation Earplug yang digunakan memiliki tali, tujuannya agar Earplug ini mudah dilepaskan saat selesai bekerja.
Earplug sendiri memiliki ukuran yang berbeda antara satu dengan lainnya, maka dari itu kalian harus mengetahui ukuran diameter saluran telinga kalian terlebih dahulu sebelum memilih Earplug yang akan digunakan nantinya.
Ukuran diameter Earplug sendiri berkisar antara 3mm – 14mm, namun untuk di pasaran Indonesia paling umum biasanya antara diameter 5mm – 11mm, untuk Earplug sendiri mampu mengurangi kebisingan hingga 30 dBA.
Earmuff
Ear Muffs
Berbeda halnya dengan Earmuff, jika Earplug hanya menutup area gendang telinga, maka Earmuff menutup seluruh area telinga, sehingga pemasangannya pun sangat mudah, dan juga jauh lebih nyaman dibandingkan dengan Earplug.
Earmuff sendiri bisa digunakan hingga tingkat kebisingan 110 dBA, dan Earmuff mampu menurunkan tingkat kebisingan hingga 40dBA, untuk di Kantor Admin sendiri kebanyakan menggunakan Earmuff, namun terganntung dari kondisi tempat kerja juga.
Jika kondisi tempat kerja tidak terlalu bising maka kalian bisa menggunakan Earplug saja, nah sampai sini sudah paham bukan tentang Earplug dan juga Earmuff

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *