Mengenal Listrik Statis dan Bahayanya Di Tempat Kerja

Mengenal Listrik Statis dan Bahayanya Di Tempat Kerja

Listrik statis adalah kumpulan muatan listrik jumlah tertentu yang tetap atau statis, ketidakseimbangan muatan listrik di dalam maupun permukaan benda. Muatan listrik akan tetap ada sampai benda kehilangan dengan cara sebuah arus listrik melepaskan muatan listrik. Muatan listrik muncul karena adanya perpindahan elektron dari suatu benda ke benda lain

Listrik statis terjadi ketika benda-benda yang memiliki aliran listrik saling berpautan tanpa adanya sumber daya listrik atau dengan kata lain benda tersebut dapat menghasilkan proton maupun elektron tanpa menggunakan elemen pembangkit energi listrik.

Listrik statis dapat ditimbulkan oleh dua benda yang memiliki muatan listrik berbeda. Muatan listrik pada benda timbul karena adanya perpindahan elektron dari satu benda ke benda lain. Terdapat 2 muatan listrik yaitu muatan positif dan muatan negatif.

Pengertian lainnya, listrik statis adalah ketidakseimbangan muatan listrik dalam atau pada permukaan benda. Muatan listrik tetap ada sampai benda kehilangannya dengan cara sebuah arus listrik melepaskan muatan listrik. Listrik statis kontras dengan arus listrik, yang mengalir melalui kabel atau konduktor lainnya dan mentransmisikan listrik.

Lebih singkatnya, listrik statis berhubungan dengan gejala kelistrikan yang diam atau tidak mengalir. Listrik statis tidak bisa mengalir dari suatu tempat ke tempat lain atau hanya bisa ada sekejap pada suatu tempat, berbeda dengan listrik dinamis.

Suatu muatan listrik statis dibuat setiap kali dua permukaan terhubung dan terpisah, dan setidaknya salah satu permukaan memiliki resistensi yang tinggi terhadap arus listrik (dan karena itu adalah isolator listrik). Efek listrik statis yang akrab bagi kebanyakan orang karena orang dapat merasakan, mendengar, dan bahkan melihat percikan sebagai kelebihan muatan dinetralkan saat dibawa dekat dengan konduktor listrik yang besar misalnya, dialirkan ke tanah (ground).

Konsep Dasar Listrik Statis

Kejadian potongan kertas kecil bisa berinteraksi dengan penggaris yang telah digosok-gosok dapat dijelaskan dengan konsep dasar listrik statis (muatan listrik). Karena membahas tentang listrik tentu tidak akan lepas dari muatan listrik, listrik statis (electrostatic) membahas muatan listrik yang ada dalam keadaan statis (diam).

Terdapat 2 (dua) muatan listrik yaitu muatan positif dan muatan negatif, dikatakan bermuatan positif jika proton lebih banyak daripada jumlah elektron, dan begitupun sebaliknya. Sedangkan benda yang tidak memiliki muatan disebut netral.

Benda yang bermuatan sejenis akan saling tolak menolak saat didekatkan dan sebaliknya, jika berbeda muatan akan saling tarik menarik. Interaksi antar muatan listrik dijelaskan dalam Gaya Coulumb.

Medan Listrik

Medan listrik adalah saerah yang ada di sekitar benda yang bermuatan listrik yang masih mengalami gaya listrik. Lebih singkatnya, medan listrik adalah suatu daerah dimana gaya listrik masih bekerja. Medan listrik merupakan efek yang timbul oleh muatan listrik dalam suatu benda.

Arah medan listrik suatu benda bermuatan listrik bisa digambarkan dengan garis-garis gaya listrik. Sebuah muatan positif memiliki garis gaya listrik menjauhi (keluar) dari muatan dan muatan negatif memiliki garis gaya listrik mendekati (masuk) muatan negatif.

Contoh Listrik Statis

Berikut beberapa contoh listrik statis dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya yaitu:

  • Saat menyisir rambut, tanpa disadari terkadang rambut akan terbawa berdiri sendiri beriringan dengan gerakan sisir. Hal tersebut terjadi karena ada interaksi muatan antar sisir dengan rambut.
  • Penggaris atau sisir yang digosok-gosok ke rambut atau tangan kering akan menarik potongan kertas kecil.
  • Debu yang tertempel pada layar tv
  • Kain sutra yang digosok-gosok dengan batang kaca. Akan terjadi reaksi tarik-menarik antara dua benda tersebut. Karena elektron dari batang kaca akan berpindah ke kain sutera sehingga batang kaca akan memiliki muatan positif dan batang kaca akan memiliki muatan negatif
  • Menggosokan balon dengan tangan
  • Ketika mendekatkan tangan ke layar TV yang baru saja dimatikan. Perhatikan bulu atau rambut yang ada di tangan akan berdiri.
  • Penggaris plastik digosok dengan kain woll. Kedua benda tersebut memiliki muatan netral, tetapi saat dua benda tersebut digesekkan maka akan ada perpindahan elektron dari kain woll ke penggaris plastik. Sehingga penggaris plastik memiliki muatan negatif dan kain woll memiliki muatan positif.
  • Di sebuah Stasiun Pengisian Bensin di Amerika serikat, seorang pelanggan sedang mengisi jerigen yang ia bawa di mobilnya tanpa ada pembumian (grounding) di jerigen tersebut. Listrik statis yang terbentuk dari kejadian tersebut melengkapi segitiga api yang sudah dibentuk oleh Oksigen disekitar serta bahan bakar bensin.Api pun akhirnya terbentuk karena reaksi tersebut sehingga menyebabkan kerusakan yang parah di truk dan Stasiun pengisian bahan bakar. Pelanggan tersebut menderita luka bakar parah di kedua kakinya yang bisa saja lebih parah jika tidak ada yang segera menolong.

    Kecelakaan ini mengingatkan kita akan pentingnya mencegah terbentuknya listrik statis yang bisa memicu api terutama yang berasal dari peralatan seperti jerigen,pipa, dan peralatan lain yang digunakan untuk membawa atau mengangkut gas,cairan atau debu yang mudah terbakar.

Apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah risiko dari listrik statis?

  • Selalu lakukan pembumian terhadap wadah-wadah yang bersifat konduktor. Misalnya: drum, ember, tangki bergerak, truk tangki, kereta yang berjalan di rel, dan tangki lain yang digunakan untuk transfer material mudah terbakar.
  • Pastikan semua peralatan proses sudah dipasang pembumian dengan baik dan pembumian tersebut dites secara reguler.
  • Minimalisasi mengisi cairan atau benda padat yang mudah terbakar dengan cara menjatuhkannya dari ketinggian dalam proses pengisian tangki atau wadah lain
  • JIka Anda melakukan pemeliharaan, pastikan semua pembumian telah dilepas atau dites sesuai dengan pemeliharaan yang dilakukan
  • Jika Anda bekerja di dalam sebuah area yang membutuhkan prosedur khusus untuk mencegah pelepasan arus listrik statis, seperti memakai sepatu anti listrik statis, baju khusus, peralatan listrik Ex (explosion proof), dll, pastikan selalu mengikuti prosedur-prosedur tersebut

Video Dibawah ini adalah sebagai contoh kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh Listrik Statis, silahkan cek dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *