Pentingnya Penggunaan Safety Gloves untuk Pekerja

Pentingnya Penggunaan Safety Gloves untuk Pekerja

Apa Itu Safety Gloves ?

Safety Gloves adalah salah satu Alat Pelindung Diri yang difungsikan untuk melindungi area tangan saat kita melakukan pekerjaan di area kerja, dengan menggunakan Safety Gloves tangan kita akan terhindar dari berbagai macam resiko pekerjaan yang akan kita lakukan nantinya.
Biasanya pekerja diwajibkan menggunakan Safety Gloves saat melakukan berbagai macam kegiatan di area kerja, khususnya jika kalian bekerja di Industry Konstruksi, Farmasi, Elektronik, Pertambangan, Pengeboran dan berbagai macam Industry lainnya yang membutuhkan peralatan keamanan lengkap.

Fungsi Safety Gloves

Beberapa dari kalian mungkin bertanya apa fungsi dari Safety Gloves ?? seperti yang Admin sebelumnya jika misalnya kalian bekerja di Industri konstruksi contohnya, kalian pasti akan memiliki resiko dalam melakukan sebuah pekerjaan.
Contohnya jika kalian bekerja di Industri Konstruksi dan kalian bekerja sebagai Rigger, dimana kalian harus selalu berhubungan dengan barang yang akan dipindahkan, jika benda tersebut benda tumpul maka tidak akan terlalu banyak masalah.
Namun bagaimana jika benda yang akan dipindahkan tersebut ternyata memiliki siku – siku yang tajam yang dapat melukai kalian ? nah disinilah Safety Gloves diperlukan, biasanya Safety Gloves memiliki bahan yang cukup tebal dan juga cukup kuat, sehingga kalian akan terhindar dari resiko benda tajam.
Atau misalnya jika kalian bekerja di Industri Elektronik dimana kalian selalu berhubungan dengan arus listrik, dengan menggunakan Safety Gloves tentunya kalian akan merasa aman karena Safety Gloves terbuat dari karet yang cukup tebal sehingga Safety Gloves sangat cocok menjadi isolator agar kalian aman saat bekerja dengan peralatan elektronik.
Bisa juga kalian bekerja di laboratorium dimana kalian melakukan berbagai pencampuran bahan kimia, dengan menggunakan Safety Gloves yang tebal, jika terjadi tumpahan bahan kimia maka tumpahan tersebut tidak akan mengenai kulit tangan kalian.
Nah diatas adalah beberapa contoh Fungsi Safety Gloves, dari sini sudah paham bukan kenapa kita harus menggunakan Safety Gloves saat melakukan pekerjaan ? kalian tidak ingin terlukan ketika melakukan sebuah pekerjaan bukan ? maka gunakan lah Alat Pelindung Diri secara benar.

Jenis – Jenis Safety Gloves

Setiap Industry memiliki Safety Gloves yang berbeda – beda, tidak semuanya sama, dibawah ini Admin akan menjelaskan setiap jenis Safety Gloves agar kalian bisa membeli Safety Gloves yang cocok untuk kalian saat digunakan untuk bekerja nantinya.

1. Leather Safety Gloves

Leather Safety Gloves

 

Safety Gloves pertama adalah jenis Leather atau lebih dikenal dengan berbahan kulit, biasanya kebanyakan pengguna Safety Gloves ini berada di area konstruksi karena memberikan kenyamanan bagi user saat digunakan, selain itu Safety Gloves ini cukup tebal sehingga cocok digunakan untuk permukaan kasar atau cocok untuk kegiatan di lapangan atau kegiatan outdoor.

2. Latex Safety Gloves

Latex Safety Gloves
Sarung Tangan Safety selanjutnya adalah berbahan Latex, biasanya user yang menggunakan Sarung Tangan Safety ini digunakan untuk bekerja di laboratorium, hal ini dikarenakan Sarung Tangan ini melindungi user dari Bakteri ataupun Kuman, sehingga sangat cocok digunakan untuk melakukan riset ataupun penelitian.

3. Heat Resistent Safety Gloves

Heat Resistent Safety Gloves
Sesuai dengan namanya Sarung Tangan Safety ini berfungsi untuk melindungi user dari panas ataupun dari api, namun tidak semua Heat Resistent Safety Gloves mampu melindungi kalian dari panas ya, tergantung dari bahan dan juga manufaktur Perusahaan.
Namun jika kalian menggunakan Heat Resistent Safety Gloves dari Superior Gloves maka Admin bisa menjawab suhu yang bisa tertinggi Sarung Tangan Safety mereka yang bisa digunakan, dari laporan Superior Gloves menyebutkan Safety Gloves berbahan kevlar mampu bekerja hingga mencapai suhu 450 derajat celcius.
Sedangkan untuk Sarung Tangan Safety berbahan Polybenzimidazole bisa bekerja hingga suhu 700 derajat celcius, selain heat resistent Sarung Tangan Safety dari Superior Gloves tersebut juga memiliki cut resistant juga loh, cukup multi fungsi Admin bilang.

4. Cut & Puncture Safety Gloves

Cut & Puncture Safety Gloves
Selanjutnya adalah Cut & Puncture Safety Gloves, sesuai dengan gambar diatas dimana Sarung Tangan ini berguna jika kita bekerja di area yang selalu banyak benda tajamnya, sehinngga kita akan terhindar dari luka karena benda tajam.
Namun Sarung Tangan ini memiliki Grade masing – masing ya, jadi semakin banyak dan sering kalian bekerja di area yang banyak benda tajamnya, maka kalian harus memilih sarung tangan Grade dari Sarung Tangan Safety adalah A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, & A9.
 
Cut & Puncture Safety Gloves Grade

5. Nitrile Safety Gloves

Nitrile Safety Gloves
Untuk jenis Safety Gloves terakhir adalah Safety Glove berbahan Nitrile, Safety Glove ini berfungsi untuk melindungi user dari bahaya dari benda kimia terutama yang beracun, Sarung Tangan Safety ini sendiri terbuat dari bahan Material Nitrile dan juga Polimer Sintetis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *