22 January 2021

Pengertian Tentang Safety Vest dan Fungsinya

Pengertian Tentang Safety Vest dan Fungsinya

Apa Itu Safety Vest ?

Safety Vest atau bahasa indonesianya adalah Rompi Keselamatan adalah salah satu Alat Pelindung Diri yang digunakan oleh para pekerja untuk memudahkan Pekerja lainnya dalam melakukan identifikasi lokasi pekerja.

Fungsi Safety Vest

Berbeda dengan Alat Pelindung Diri lainnya dimana mereka benar – benar memberikan perlindungan terhadap penggunannya, Safety Vest sendiri berfungsi untuk memudahkan antar pekerja dalam melakukan identifikasi wilayah.
Sehingga saat terjadi misalnya Lifting atau melakukan pekerjaan di area yang agak gelap, maka kalian masih bisa melihat posisi pekerja lainnya, hal ini dikarenakan Safety Vest memiliki reflector yang berfungsi untuk memantulkan cahaya, sehingga kita akan dengan mudah melihat dan memantau posisi seseorang jika Pekerja menggunakan Safety Vest.

Kapan Waktu Menggunakan Safety Vest ?

Safety Vest biasanya digunakan ketika kita akan melakukan pekerjaan di area yang pencahayaannya kurang, atau bahkan ketika kita bekerja di lokasi yang berdekatan dengan jalan utama, atau area dengan aktifitas kendaraan yang cukup besar sehingga membutuhkan safety vest untuk memudahkan pengelihatan pengendara di jalan.
Selain itu Safety Vest juga bisa digunakan ketika terjadi aktifitas Lifitng ataupun pada area konstruksi untuk memudahkan Operator dalam melihat posisi rekan – rekan lainnya ketika melakukan pemindahan barang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Keuntungan Menggunakan Safety Vest ?

1. Mudah Terlihat Dalam Gelap

Reflector Safety Vest

 

Seperti yang sudah Admin bilang sebelumnya, dalam kondisi gelap Safety Vest dapat memudahkan orang lainnya untuk melihat pengguna Safety Vest tersebut, hal ini dikarenakan Safety Vest memiliki Reflector yang berfungsi untuk memantulkan cahaya agar lebih mudah terlihat oleh user lainnya.
Dengan hal ini maka kita akan menjadi lebih berhati – hati dalam melakukan pekerjaan dan mengetahui dimana posisi setiap personel yang mengenakan Safety Vest ini.

2. Melindungi User dari Cuaca Dingin & Tahan Air

Beberapa Safety Vest memiliki bahan yang cukup bagus sehingga membuat Vest bisa menjadi tahan air dan nyaman ketika digunakan saat hujan, beberapa Safety Vest juga cukup hangat untuk digunakan sehingga pekerja bisa lebih nyaman bekerja di cuaca dingin, meskipun tidak semua Safety Vest seperti ini.

3. Mudah Didapatkan

Safety Vest sendiri bisa dibeli dimana saja, dengan harga yang terjangkau kalian sudah bisa mendapatkan Safety Vest dan siap digunakan untuk bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *