24 February 2021

Pentingnya Pohon pada Penanggulangan Banjir

Pentingnya Pohon pada Penanggulangan Banjir

Pohon memiliki manfaat yang banyak dalam kehidupan. Selain untuk membuat udara menjadi bersih, pohon juga menjadi sumber makanan bagi organisme lain.

Pohon juga berguna untuk mengurangi risiko banjir saat terjadi hujan lebat.

Para ahli mengatakan, hutan berfungsi sebagai pengalang air banjir. pohon juga berfungsi mengehar erosi tanah, mengurangi sedimen yang masuk ke sungai dan meningkatkan penyerapan air ke dalam tanah.

Hal ini berguna untuk memperlambat air hujan yang mengalir ke sungai sehingga menurunka risiko terjadinya banjir.

Akar pada tanaman akan masuk ke dalam dan menciptakan ruang di antara partikel tanah. Saat hujan turun air akan dialirkan ke ruang yang diciptakan oleh akar pohon tersebut. Oleh karena itu, banjir menjadi berkurang.

Ketika tidak ada pohon, hal ini membuat air tidak diresap dan mengalir ke sungai sehingga menyebabkan luapan dan menciptakan banjir.

Banyak pohon di daerah yang rawan aliran air, sistem akar pohon akan mengurangi jumlah air yang dibuang ke danau dan sungai.

Kanopi daun, cabang dan batang pada pohon juga berguna untuk memperlambat hujan sebelum jatuh ke tanah hanya dengan menghalangi jalan.

Hal ini disebut intersepsi. Peningkatan ruang hijau dapat secara drastis mengurangi limpasan di area terbangun.

Di samping itu, pohon dapat membantu mengurangi banjir bahkan saat tidak ada di tanah.

Pohon bisa digunakan sebagai bendungan yang digunakan untuk mengarahkan air ke daerah-daerah pilihan, hingga meningkatkan penyimpanan air sementara dan memperlambat aliran air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *