26 July 2021

Pentingnya Pemanasan sebelum Bekerja

Pentingnya Pemanasan sebelum Bekerja

Nusantara Traisser – Di usia produktif manusia antara umur 15 – 64 tahun adalah usia rentan dimana kita harus bekerja secara penuh.

Menurut kamus besar bahasa indonesia, Bekerja adalah melakukan kegiatan/pekerjaan paling sedikit satu jam berturut-turut selama seminggu yang lalu dengan maksud untuk memperoleh atau membantu memperoleh pendapatan atau keuntungan.

Kegiatan bekerja sangatlah menguras tenaga, mulai dari perjalanan menuju tempat kerja, di tempat kerjapun kita dituntut untuk fokus, ketika kita sudah selesai melakukan pekerjaan pun kita harus melakukan perjalanan pulang kerumah dan bisa beristirahat.

Bagi orang yang sibuk bekerja sejak pagi hingga petang, menyediakan waktu untuk berolahraga mungkin bukanlah perkara yang gampang.

Untungnya, ada beberapa gerakan olahraga ringan yang dapat kita lakukan sebelum melakukan pekerjaan di pagi hari, Gerakan-gerakan ini amat sederhana dan tidak memakan banyak waktu sehingga kita bisa menjadikannya rutinitas tanpa perlu cemas akan terlambat datang bekerja.

 

Manfaat Pemanasan Sebelum Bekerja

Manfaat pemanasan memang banyak sekali manfaatnya, selain menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ternyata pemanasan di pagi hari juga mempunyai manfaat lain, yaitu mengurangi stress dan menambah mood.

Stres juga merupakan salah satu akibat buruk di tempat kerja. Tekanan pekerjaan yang bertubi-tubi bisa mengakibatkan depresi pada karyawan. Jika dibiarkan berlarut-larut, akan berakibat sangat fatal.

Bisa berakibat pada serangan jantung mendadak, tekanan darah tinggi dan penyakit berat lainnya. Maka dari itu, bagi para pekerja kantoran sangat dianjurkan untuk melakukan pemanasan di tempat kerja.

 

Gerakan-Gerakan Pemanasan Sebelum Bekerja

Sebelum kita mulai bekerja usahakan luangkan waktu sekitar 10-30 menit untuk melakukan pemanasan. Pemanasan kecil bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan keringat berlebihan dan tenaga yang banyak, sehingga sangat efektif untuk kita tetap fokus dalam melakukan aktivitas bekerja. Gerakan-gerakan tersebut seperti:

  • Bagian Leher
  1. Putar leher lalu menengok ke bagian kanan
  2. Tahan kurang lebih 10 detik
  3. Hal yang sama lakukan untuk leher menengok ke kiri
  • Bagian Bahu. Gerakan agak sedikit keras untuk menghilangkan rasa pegal:
  1. Putar bahu ke arah depan dengan gerakan memutar
  2. Putar bahu ke arah belakang dengan gerakan memutar
  3. Ulangi sebanyak 10 kali.
  • Bagian pergelangan tangan. Lakukan pelemasan agar siap bekerja kembali dengan tuts komputer kita:
  1. Regangkan tangan kita dengan jari mengarah ke bawah
  2. Dengan tangan lain, tarik jari-jari ke bawah
  3. Tahan selama kurang lebih 3 detik
  4. Kemudian tarik kembali jari-jari kita
  5. Tahan selama kurang lebih 3 detik
  6. Gerakan secara bergantian.
  • Bagian kaki. Hilangkan rasa pegal dan letih di bagian kaki dengan peregangan betis dan pergelangan kaki:
  1. Angkat kaki dari lantai dan luruskan
  2. Gerakkan telapak kaki mengarah ke atas
  3. Gerakkan telapak kaki mengarah ke bawah
  4. Lakukan selama 10 kali.
  5. Hal yang sama lakukan oleh kaki yang lain
  6. Kemudian, gambar lingkaran menggunakan telapak kaki searah jarum jam
  7. Lakukan ke arah sebaliknya
  8. Hal yang sama dilakukan oleh kaki lain.

Ketika kita terbiasa melakukan pemanasan sebelum bekerja, ada baiknya jangan dilakukan secara berlebihan, karena akan berdampak pada stamina dan fokus kita dalam bekerja, bahkan sampai mengakibatkan cedera, sebaiknya dilakukan secukupnya.

 


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/k8673307/public_html/responsiveweb/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 399

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *