10 August 2021

Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

Nusantara Traisser – Apakah kalian pernah mendengar bahwa minum air putih itu baik untuk tubuh kita?  air putih sendiri dianjurkan untuk di konsumsi sebanyak 2 liter atau berukuran 230 ml dalam satu hari loh.

Tentunya anjuran untuk mengkonsumsi air putih setiap harinya bukan tanpa manfaat, karena kekurangan cairan dalam tubuh kita dapat menyebabkan dehidrasi loh.

Salah satu cara mengatasi dehidrasi ini adalah dengan meminum air putih Sebanyak delapan gelas sehari atau sama dengan 2 liter air putih sesuai dengan apa yang dianjurkan.

Minum air putih tentu saja dapat memberikan manfaat seperti meingkatkan kemampuan berfikir kita ketika sedang sibuk bekerja.

Ketika bekerja tentunya banyak tenaga yang akan dikeluarkan terutama ketika bekerja di bawah terik matahari yang dapa membuat tubuh kita merasa kehauasan. Dengan meminum air putih tentunya tubuh akan kembali merasa fit dan segar kembali.

Terutama bagi para pekerja yang sebagian waktunya dihabiskan di kantor atau lokasi kerja kalian dapat meningkatkan daya konsetrasi kerja salah satunya dengan minum air putih.

Setelah tau ini buat kalian yang lelah setelah perjalanan dari rumah ke kantor dan merasa haus mulai sekarang biasakan untuk minum air putih.

Kenapa harus minum air putih? Berikut ini adalah manfaat dari mengkonsumsi air putih.

1. Menjaga kesehatan sendi dan otot

Konsumsi air putih secara rutin juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi dan otot tubuh. Dengan demikian, otot tidak kaku dan tubuh pun tidak cepat lelah saat bergerak atau beraktivitas.

2. Mencegah dehidrasi

Menjaga asupan cairan dengan minum air putih penting untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi.

Meski terlihat ringan, kondisi dehidrasi yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal, kejang, dan bahkan syok yang dapat membahayakan nyawa.

3. Memelihara kesehatan kulit

Tahukah kalian jika tubuh kita kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan kulit menjadi kering loh. Oleh karena itu, penting sekali untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih agar kulit tetap terhidrasi serta menjaga dan mengembalikan kelembapan kulit.

4. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi air putih diketahui dapat meningkatkan metabolisme, sehingga memudahkan tubuh dalam membakar lemak serta membuang kotoran melalui keringat, urine, dan tinja. Hal ini tentunya berdampak pada menurunnya berat badan.

Selain itu, minum air putih sebelum makan diketahui dapat memberikan efek kenyang, sehingga porsi makanan yang dikonsumsi pun menjadi lebih sedikit. Dengan demikian, asupan kalori ke dalam tubuh tetap terjaga dan berat badan tetap terkontrol.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Kurangnya asupan cairan diketahui dapat mengganggu fungsi pencernaan. Hal ini bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan, termasuk sembelit. Untuk mencegahnya, Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi air putih.

6. Menjaga konsentrasi

Kekurangan cairan tubuh juga berdampak pada terganggunya fungsi otak, terutama kemampuan untuk fokus dan konsentrasi. Hal ini tentu berdampak pada aktivitas dan produktivitas Anda sepanjang hari.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk rutin mengonsumsi air putih, sehingga otak dapat berfungsi secara optimal.

7. Mencegah batu ginjal

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum air putih yang cukup mencegah terbentuknya batu ginjal atau kambuhnya penyakit batu ginjal pada orang yang sebelumnya pernah menderita penyakit tersebut.

Hal ini karena asupan cairan yang cukup dapat melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme melalui urine dan mencegah terbentuknya kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal.

8. Menjaga tekanan darah

Air adalah bagian terbesar dari darah. Jika Anda kekurangan cairan tubuh, darah akan lebih kental dan menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan elektrolit, seperti natrium dan kalium, yang terdapat di dalam darah.

Kurangnya cairan tubuh juga bisa berdampak pada menurunnya tekanan darah. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi air putih dapat menjaga tekanan darah tetap normal.

9. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Selain menjaga tekanan darah, tercukupinya cairan tubuh juga dapat mencegah Anda dari penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Hal ini karena konsumsi air putih secara rutin dapat mencegah dehidrasi yang bisa berdampak pada terganggunya fungsi organ tubuh, termasuk jantung, dan memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah, sehingga tekanan darah pun akan terjaga.

10. Meningkatkan Stamina

Tubuh membutuhkan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Sumber energi tidak hanya diperoleh dari makanan. Konsumsi air putih yang cukup juga dapat membuat tubuh tidak mudah lemas selama bergerak dan beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *