30 August 2021

Pentingkah Melakukan Safety Meeting ?

Pentingkah Melakukan Safety Meeting ?

Nusantara Traisser – Untuk pekerja di lapangan, akan ada salah satu kegiatan yang wajib dilakukan setiap hari sebelum melakukan pekerjaan.

Apakah kegiatan tersebut ? Kegiatan tersebut adalah Safety Meeting, Safety Meeting adalah kegiatan meeting yang dilakukan oleh setiap personil sebelum melakukan pekerjaan.

Biasanya dalam Safety Meeting akan ada banyak pembahasan, mulai dari pekerjaan apa yang dilakukan, seperti misalnya pemindahan barang, pengangkatan barang, atauapun kegiatan lainnya.

Selain itu dalam pembahasan Safety Meeting akan selalu lebih mendetail dikarenakan semuanya harus direncanakan, seperti misalnya, lokasi pekerjaan, resiko pekerjaan, peralatan yang akan digunakan untuk bekerja.

Kemudian jumlah personil dan bagaimana menyamakan kode yang akan dilakukan ketika melakukan pekerjaan nantinya.

Tata Cara Melakukan Safety Meeting yang Baik

  • materi yang menjadi pembahasan mempunyai hubungan denga area kerja atau medan kerja dari semua pegawai
  • Cara menyampaikan materi usahakan dengan bahasa yang jelas dan singkat (tidak perlu terlalu bertele-tele yang justru membuat para pegawai tidak menangkap maksud dari materi tersebut)
  • Lakukan contoh bagaimana mengatasi dan menanggulangi kecelakaan kerja di area kerja. Lakukan dengan contoh
  • Selalu mencatat dalam sebuah note yang tertera tema dari materi safety talk, catat tanggal dan jamnya juga. Hal ini berguna sebagai pengingat kepada para pegawai bahwa materi tersebut sudah pernah di sampaikan dalam sebuah forum safety talk. Dengan begitu para pegawai akan selalu kontrol dalam menjalan setiap pekerjaan yang dilakukan di area kerja.

Nah bisa dibilang kegiatan Safety Meeting adalah kegiatan wajib yang dilakukan setiap akan melakukan pekerjaan, agar semua pekerja bisa satu tujuan dalam melakukan pekerjaan yang dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *