6 September 2021

Mengenal Tentang Safety Rail

Mengenal Tentang Safety Rail

Apa Itu Safety Railing ?

Safety Railing atau Temporary Guard Rail adalah teralis pengaman sementara yang digunakan untuk pengaman agar pekerja tidak melewati pinggiran area yang berbahaya.

Biasanya area berbahaya yang dimaksud adalah yang memiliki ketinggian dan juga selalu ramai dilewati oleh banyak orang saat pekerjaan dilakukan.

Ditakutkannya jika pekerja tidak berhati – hati dalam melihat area sekitar maka nanti akan bisa terjadi accident yang mengakibatkan terlukanya pekerja.

Safety Railing merupakan salah satu Safety Equipment yang wajib untuk dipasang ketika berada di project konstruksi yang sedang berjalan.

Lokasi Penempatan Safety Railing ?

Lokasi yang tepat digunakan untuk penempatan Safety Railing adalah di tempat tepian struktur yang memiliki peluang jatuh cukup besar.

Selain itu jika kejatuhannya terjadi di ketinggian yang tidak terlalu tinggi ini bukanlah hal yang bermasalah, namun bagaimana jika Pekerja bekerja di ketinggian ?

Pekerja tersebut bisa mengalami cidera parah dikarenakan tidak ada pengaman yang menyangga Pekerja tersebut saat berada ditepian struktur bangunan.

Bahan Pembuatan Guard Rail ?

Biasanya bahan pembuatan dari Temporary Guard Rail ini terbuat dari Metal yang membuat bahan tersebut cukup kokoh yang kemudian dikaitkan dengan struktur laintai beton.

Kemudian untuk warna dari Temporary Guard Rail sendiri biasanya di cat dengan warna yang cerah seperti contohnya adalah warna kuning.

Pemilihan warna kuning dilakukan supaya Pekerja bisa melihat dengan jelas dimana Temporary Guard Rail berada agar mereka bisa melakukan antisipasi.

Fungsi dari Temporary Guard Rail ?

Fungsi dari Temporary Guard Rail adalah memberikan peringatan kepada pekerja, tentang area mana saja yang memiliki tepian berbahaya.

Selain itu dengan adanya Temporary Guard Rail, Pekerja bisa tahu sejauh mana mereka boleh menginjakan kaki di area tempat mereka bekerja.

Sebaiknya Temporary Guard Rail ini juga dilengkapi dengan penanda lainnya, seperti misalnya sign yang menyatakan ” Hati – Hati ” dan sebagainya.

Source Artikel: Sobat K3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *