6 October 2021

Apa Itu Scaffolding dan Fungsinya ?

Apa Itu Scaffolding dan Fungsinya ?

Scaffolding atau yang disebut dengan Steger adalah Platform kerja sementara yang digunakan untuk menyangga pekerja dan juga barang.

Biasanya Steger banyak digunakan di area Gedung yang dibangun dimana ketika bangunan gedung sudah mencapai ketinggian 2 Meter dan pekerjaan tidak dijangkau oleh pekerja.

Maka Pekerja kemudian membangun dan juga menggunakan Steger sebagai platform kerja sementara yang akan digunakan nantinya.

Bahan Pembuatan Scaffolding

Bentuk Steger
Bentuk Scaffolding

Pada umumnya struktur Steger biasanya terbuat dari Pipa Besi yang kemudan dibentuk sedemikian rupa agar nantinya menjadi platform yang kokoh untuk menopang pekerja dan benda.

Namun tidak jarang di beberapa wilayah Asia termasuk Indonesia, beberapa struktur Steger nya masih menggunakan bambu sebagai bahan utama dari Steger tersebut.

Meskipun Steger Bambu tidak sebagus Steger besi, namun Steger besi juga menyediakan banyak keuntungan dalam pembuatannya dalam project yang dikerjakan.

Salah satunya adalah biaya pembuatan yang murah dibandingkan dengan menyewa ataupun membeli Steger besi, selain itu pemasangan Steger bambu juga lebih efisien.

Type Dasar Scaffolding

Saat ini Type Dasar Steger ada 3, yuk kita bahas

1. Supported Steger

Supported Steger
Supported Scaffold

Supported Steger adalah Steger yang terpasang dan juga terhubung secara langsung ditanah, contoh Steger ini cukup banyak salah satunya adalah Steger yang ada di Pembangunan Gedung.

2. Suspended Steger

Suspended Steger
Suspended Steger

Suspended Steger adalah platform Steger yang tergantung pada tali, berbeda dengan Supported Steger yang berdiri diatas tanah.

Salah satu contoh dari Suspended Steger ini adalah Gondola yang biasa digunakan untuk membersihkan pada gedung tinggi perkantoran.

3. Aerial Lift

Aerial Lift Firefighter
Aerial Lift Firefighter

Type Scaffolding terakhir adalah Aerial LIft, biasanya digunakan untuk Man Basket, contoh dari Steger ini bisa kalian lihat pada Mobil Pemadam Kebakaran.

Dimana pada bagian ujung tangga digunakan untuk peralatan Man Lift.

Fungsi Scaffolding

  • Sebagai Platform bekerja sementara untuk Pekerja sehingga keselamatan kerja terjamin
  • Sebagai pelindung untuk para pekerja dari kejatuhan barang atauapun alat

Sumber Artikel Sobat K3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *