Perkembangan Safety Technology untuk Keamanan Bekerja

Perkembangan Safety Technology untuk Keamanan Bekerja

Apa Itu Safety Technology

Safety Technology adalah perpaduan berbagai macam technology yang kemudian diterapkan ditempat kerja untuk keamanan pekerja saat bekerja di tempat kerja.

Perkembangan Safety Technology

Perkembangan Teknologi dari masa ke masa semakin menjadi lebih berkembang, bahkan di era Industri 4.0 bisa dibilang berkembang cukup pesat dibandingkan dengan era sebelumnya.

Hal ini dikarenakan pada Industry 4.0 kita memiliki banyak sekali inovasi produk terbaru dan juga Inovasi lainnya sehingga membuat Regulasi Safety berkembang cepat.

Salah satu contohnya adalah penggunaan Drone yang digunakan untuk kebutuhan Emergency di tempat kerja yang susah diakses oleh Ambulance atau lainnya.

Selain itu Teknologi Safety lainnya yang saat ini menjadi primadona adalah Wearable Device, atau Perangkat yang bisa dipasang pada anggota tubuh pekerja.

Fungsi dari Wearable Device adalah untuk memonitar kondisi dari Pekerja, misalnya jika kondisi Pekerja sedang tidak dalam keadaan fit.

Wearable Device tersebut akan memberikan laporan real time atau secara langsung kepada Operator yang mengawasi kondisi pekerja secara real time juga.

Dengan adanya hal ini, kita bisa mengurangi resiko terjadinya accident yang disebabkan oleh manusia dikarenakan kondisi dari pekerja sedang tidak sehat.

Selain itu, dengan Wearable Device tersebut, kita bisa membuat laporan tentang adanya hal yang tidak aman di tempat kerja seperti lantai yang licin, ruang kerja yang kurang pencahayaan.

Nantinya laporan ini akan masuk ke Database dan laporan tersebut bisa dilihat oleh Pengawas yang nantinya akan memberikan informasi tersebut ke teknisi atau lainnya agar segera diperbaiki.

Contoh Wearable Device tersebut bisa kalian lihat seperti dibawah ini:

Selain Wearable Device, ada juga salah satu PPE yang sangat membantu sekali dalam melakukan identifikasi masalah pada lokasi pekerjaan kita.

PPE tersebut adalah Smart Safety Helmet, dimana Smart Safety Helmet ini memiliki fungsi untuk mengidentifikasi masalah dan bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Penggunaan Safety Technology untuk Media Belajar ?

Semenjak Pandemi Covid menyerang dan mengakibatkan seluruh negara harus menghentikan kegiatan bertatap muka, bukan hanya kegiatan sehari – hari saja yang terimbas.

Melainkan kegiatan ekonomi seperti pekerjaan dan lainnya juga terhambat, namun hal ini tidak membuat orang – orang berhenti melakukan kegiatan.

Saat ini sendiri sudah mulai banyak inovasi setelah terjadinya Covid dimana kita harus melakukan berbagai macam kegiatan di dalam rumah.

Salah satu inovasi tersebut di Dunia Safety adalah munculnya Smart Equipment bahkan Smart Robot yang digunakan untuk pekerjaan berbahaya.

Beberapa Equipment tersebut adalah Inflated Airbag Vest , Safety System Alert, VR Industry Training, yuk cek fungsinya dibawah:

Inflated Airbag Vest

Tujuan dari Airbag Vest ini adalah untuk melindungi pekerja ketika mereka jatuh, dan ketika System Airbag mendeteksi adanya kejatuhan pada pekerja.

Airbag tersebut langsung akan berkembang, area Airbag yang di lindungi adalah bagian belakang tengkuk leher dan juga bagian belakang tubuh pada pekerja.

Safety System Alert

Safety System ini dipasangkan pada PPE yang digunakan oleh pekerja, nantinya ketika Pekerja akan melakukan pekerjaan dan akan melewati ruangan sensor.

Jika Pekerja tidak menggunakan PPE secara lengkap dan dipasang dengan benar maka Safety System akan bekerja dan kemudian memberikan alert secara langsung.

Ketika PPE sudah dipasang dengan benar barulah nanti Safety System Alert tersebut akan berhenti berbunyi dan mengizinkan kalian untuk memulai bekerja.

VR Industry Training

Salah satu inovasi yang cukup banyak membantu adalah adanya penggabungan VR dengan IoT ( Internet Of Things ) dalam Industry Safety.

Dimana saat ini Perusahaan bisa melakukan Training dengan menggunakan bantuan VR, untuk mengenalkan tentang Safety dan juga lainnya.

Nah, sudah paham bukan tentang pentingnya mengikuti perkembangan Teknologi Safety, apalagi jika kalian bekerja di Perusahaan dengan tingkat resiko kerja yang cukup tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *