18 October 2021

Mengenal Tentang Safety Officer

Mengenal Tentang Safety Officer

Beberapa orang mungkin masih belum terlalu mengerti tentang apa sih HSE Officer itu dan juga peranannya di sebuah Perusahaan yuk kita bahas dibawah.

Jadi HSE Officer atau kepanjangannya adalah Health, Safety, and Environment Officer adalah Tenaga ahli yang bertanggung jawab untuk membuat tempat kerja menjadi aman dan nyaman untuk para pekerja.

Hal ini dikarenakan penerapan K3 pada sebuah Perusahaan haruslah dilakukan secara optimal.

Untuk mencapai target optimal tersebut biasanya Perusahaan akan membuat komite ataupun badan khusus yang mengatur tentang hal ini.

Komite atau badan khusus tersebut disebut dengan P2K3 (Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja) .

Untuk struktur Badan atau Komite tersebut nantinya akan diketuai oleh Pimpinan tertinggi di sebuah Perusahaan, dan yang menjadi Sekretarisnya adalah HSE Officer yang sudah disebutkan diawal.

Tugas & Tanggung Jawab HSE Officer

Penerapan kebijakan K3 pada sebuah Perusahaan sebenarnya tidaklah berbeda, hanya saja yang membedakan adalah penerapan lebih menyeluruh pada Perusahaan.

Hal ini dikarenakan setiap Perusahaan memiliki kebutuhan K3 yang berbeda – beda, contohnya saja Penerapan K3 Perusahaan Migas berbeda dengan Penerapan K3 Perusahaan Tambang.

Nah disinilah peran HSE Officer ditunjukan, HSE Officer haruslah bisa untuk menyesuaikan kebutuhan setiap Perusahaan dimana di tempat dia bekerja.

Safety Officer merencanakan, membuat, melakukan dan juga mengevaluasi program K3 yang ada di Perusahaan, dibawah ini akan kita bahas lebih dalam.

  • Safety Officer melakukan identifikasi dan juga pemetaan terhadap potensi bahaya yang terjadi di lingkungan kerja, Safety Officer juga harus membuat level identifikasi bahaya agar dapat mencegah dan meminimalisir dampak resiko bahaya.
  • Safety Officer memberikan gagasan tentang program K3, dimana program tersebut nantinya bertujuan untuk memberikan tindak Preventif atau mengurangi resiko bahaya di tempat kerja.
  • Safety Officer bertanggung jawab untuk menjaga berbagai macam dokumen yang berkaitan dengan K3, Hal ini berguna untuk dokumentasi segala hal yang berhubungan dengan K3 di Perusahaan.
  • Safety Officer juga harus melakukan evaluasi tentang adanya kemungkinan accident yang ada di tempat kerja, jadi selain melakukan Evaluasi Safety Officer juga melakukan monitoring kegiatan di Area Kerja.
  • Safety officer juga harus menjadi jembatan antara pemerintah dan jugaperusahaan. Dengan kata lain, Safety officer menjadi penghubung antara regulasi yang diinginkan oleh pemerintah dan kebijakan implementasi yang dilakukan oleh perusahaan.
  • Tugas dan tanggung jawab HSE officer juga harus memastikan kriteria standar K3 yang diinginkan pemerintah telah dijalankan dengan baik oleh perusahaan.

Source Artikel: Sobat K3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *