29 October 2021

Apa Itu Operator Forklift

Apa Itu Operator Forklift

Apa Itu Operator Forklift ?

Operator Forklift adalah orang yang bertanggung jawab dalam mengoperasikan alat bantu angkat dan angkut yang disebut dengan Forklift.

Tugas Operator Forklift

Sebagai seorang tenaga kerja Ahli, tentunya Operator memiliki tanggung jawab yang cukup besar dalam menjalankan pekerjaan yang dilakukan.

Hal ini dikarenakan, seorang Operator haruslah mengerti tentang banyak hal terhadap equipment atau peralatan apa yang digunakan oleh Operator tersebut.

Jika Operator tidak kompeten dalam pengoperasian alat, maka bisa dipastikan nanti akan terdapat incident ataupun malah terjadi accident.

Tentunya Perusahaan tidak menginginkan terjadinya hal ini bukan, maka dari itu Operator haruslah benar – benar orang yang sudah teruji dan tersertifikasi di bidangnya.

Okay, mari kita bahas tentang tugas – tugas Forklift Operator dibawah:

Mengoperasikan Forklift

Tugas utama dari seorang Operator Forklift tentunya adalah mengoperasikan Forklift agar bisa digunakan untuk memindahkan barang dari 1 tempat, ke tempat lainnya.

Baik itu mengangkat barang, memindahkan barang, dan menaruhnya di tempat yang sudah di koordinasikan sebelumnya sebelum pekerjaan dilakukan.

Semakin handal operator, maka waktu pekerjaan yang dibutuhkan akan menjadi lebih sedikit, sehingga meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan.

Pembuatan Laporan

Sebagai seorang Operator, kita juga harus bertanggung jawab dalam pembuatan laporan pekerjaan dan juga tentang laporan penggunaan forklift.

Hal ini ditujukan untuk mempermudah penilaian tentang kinerja kita sebagai operator, ataupun juga sebagai tracking untuk penggunaan Forklift.

Contoh mudah dari kedua laporan tersebut adalah seberapa banyak material / beban yang sudah kita pindahkan dari 1 tempat ke tempat lainnya.

Kemudian jika terjadi kerusakan terhadap forklift, kita bisa memberikan laporan tersebut ke management dan juga nantinya akan diteruskan ke mechanic untuk penanganan alat.

Perawatan Forklift

Sebagai seorang Operator, kita wajib juga untuk memperhatikan tentang kondisi dari peralatan yang kita gunakan apalagi peralatan alat berat.

Hal ini dikarenakan, peralatan tersebut digunakan setiap hari dan juga dalam waktu yang cukup lama dalam intensitas yang cukup lama juga.

Sehingga kita harus melakukan perawatan berkala agar peralatan tersebut dapat digunakan secara optimal.

Selain itu, dengan melakukan perawatan secara menyeluruh juga membuat masa guna dari Forklift tersebut jauh lebih lama dibandingkan dengan Perlengkapan yang tidak terawat.

Syarat Menjadi Operator Forklift

Apakah kalian tertarik dengan pekerjaan ini ? , jika iya maka dibawah ini adalah beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi sebelum menjadi Forklift Operator.

  • Sehat
  • Cukup Umur
  • Memiliki Surat Rekomendasi dari Perusahaan
  • Memiliki SIO dan Sertifikasi Operator

Pembinaan & Sertifikasi Operator Forklift

Nah sampai sini sudah paham bukan tentang apa itu Forklift Operator dan juga Tugasnya, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan beri komentar dibawah.

Source Article: Mengenal Tentang Forklift dan Fungsinya


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/k8673307/public_html/responsiveweb/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 399

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *