Apa Itu Soft Skill dan bagaimana cara pengembangannya

Apa Itu Soft Skill dan bagaimana cara pengembangannya

Apa Itu Soft Skill ?

Soft Skill adalah kemampuan beradaptasi dengan baik antara kehidupan sosial bermasyarakat maupun juga dunia pekerjaan.

Dikutip dari The Balance Careers, Soft Skill adalah kemampuan komunikasi, karakteristik, kecerdasan sosial, dan juga kemampuan adaptasi seseorang di kehidupan social.

Skill ini menunjukan bagaimana manusia dapat bersosialisasi dengan orang lainnya dalam dunia kerja.

Sedangkan dikutip dari Monster, Soft Skill adalah kemampuan yang tak dapat diukur dan tidak terlihat ukurannya, cukup berbanding terbalik dengan Hard Skill yang terlihat dan bisa diukur.

 

Contoh Soft Skill

Sebenarnya kemampuan ini cukup banyak contohnya, mari kita bahas contohnya dibawah.

 

1. Communication / Komunikasi

 

Office Presentation

 

Salah satu skill penting yang wajib dimiliki oleh Pekerja adalah Communication Skill, karena dengan Komunikasi yang baik akan membuat kalian mudah dimengerti.

 

Selain itu dengan Komunikasi yang baik akan membuat kalian menjadi lebih percaya diri dan semakin berkembang kedepannya nanti.

 

Dibawa ini adalah beberapa Communication Skill yang bisa kalian asah:

  • Presentasi
  • Public Speaking
  • Story Telling
  • Komunikasi Verbal & Nonverbal
  • Active Hearing
  • Negosiasi

 

2. Problem Solving / Penyelesaian Masalah

 

Problem Solving Meeting

Skill selanjutnya adalah Problem Solving Skill, dimana skill ini sangat berguna dalam hal untuk menyelesaikan beragam masalah di Perusahaan.

Setiap Perusahaan pasti memiliki masalah berbeda – beda, dengan memiliki karyawan yang memiliki Problem Solving skill maka masalah tersebut bisa diselesaikan.

Hal ini dikarenakan fokus dari Problem Solving adalah untuk menyelesaikan masalah, dibawah ini adalah beberapa skill yang ditujukan untuk Problem Solving:

  • Critikal Thinker
  • Risk Management
  • Research
  • Team work
  • Creativity

 

3. Leadership / Kepemimpinan

Skill Kepemimpinan

Leadership adalah salah satu skill yanng paling banyak dicari di Perusahaan, hal ini dikarenakan tidak setiap orang bisa menjadi pemimpin yang baik.

Meskipun memiliki jabatan Managerial belum tentu orang tersebut memiliki Skill Leadership yang baik, namun orang yang memiliki Skill Leadership yang baik akan menjadi Pemimpin yang baik pula.

Dibawah ini adalah beberapa Skill Leadership yang bisa dipelajari untuk meningkatkan kemampuan leadership kita:

  • Management Conflict
  • Decision Making
  • Project Management
  • Delegasi
  • Mentoring

 

Adaptation / Adaptasi

Skill Adaptasi

Tidak semua orang bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru, maka Adaptasi adalah salah satu skill yang paling banyak dicari di pekerja.

Hal ini agar mereka bisa dengan cepat membaur dengan lingkungan kerja baru, semakin cepat adaptasinya maka semakin cepat pula mereka bisa beraktifitas normal.

Dibawah ini adalah beberapa skill Adaptasi yang bisa dikembangkan:

  • Organisasi
  • Fleksibel
  • Komunikasi
  • Optimis
  • Konsisten

 

Work Ethic / Etika Kerja

Work Ethic

Etika merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap karyawan, hal ini bukan hanya ditujukan untuk karyawan yang ingin naik jabatan saja, tapi semuanya.

Hal ini dikarenakan Etika Kerja adalah acuan atau norma yang dijadikan pedoman utama dalam bekerja, untuk menciptakan norma kerja yang baik di Perusahaan.

Dibawah ini adalah beberapa Skill Work Ethic yang bisa diterapkan:

  • Time Management
  • Team work
  • Integritas
  • Gigih
  • Perhatian yang detail

 

6. Decision Making / Pengambilan Keputusan

Skill Pengambilan Keputusan

Skill Pengambil Keputusan adalah salah satu skill yang paling dicari oleh banyak Perusahaan, hal ini dikarenakan kemampuan ini tidak banyak dimiliki oleh Pekerja lain.

Bahkan salah satu persyaratan untuk menjadi Manager di Perusahaan besar adalah memiliki kemampuan Decision Making ini.

Dengan kemampuan ini, Atasan bisa melihat kemampuan kita tentang pilihan dari berbagai macam alternatif dan mengapa kita memilih keputusan tersebut.

Untuk itu diperlukan orang yang mampu untuk memproses berbagai macam informasi yang diberikan, dan juga memahami isi dari informasi tersebut sehingga mampu memilih pilihan yang tepat.

7. Time Management / Pengaturan Waktu

Skill Time Management

Skill Time Management / Pengaturan Waktu adalah salah satu skill yang wajib dimiliki oleh semua Pekerja, karena dengan pengaturan waktu yang tepat pekerjaan akan berjalan dengan lancar.

Hal ini dikarenakan Pekerja yang menggunakan Time Management akan mengatur waktunya secara efektif, sehingga pekerjaan mereka akan lebih mudah terpantau.

Selain itu, dengan Time Management yang bagus maka tingkat produktifitas akan meningkat dengan pesat.

8. Conflict Resolution / Resolusi Conflict

Penyelesaian Conflict

Soft Skill terakhir yang harus dimiliki oleh Pekerja adalah Conflict Resolution, dimana skill ini berguna untuk menyelesaikan permasalah dengan mencapai kesepakatan tertentu.

Hal ini berguna agar setiap terjadi conflict, maka bisa diselesaikan dengan cepat agar pekerjaan bisa kembali normal dan bisa dilakukan kembali.

Dengan adanya Karyawan yang bisa menjadi middleman atau mediator, maka conflict akan bisa dibicarakan dan juga bisa diselesaikan.

Bagaimana Cara Mengembangkan Soft Skill ?

Sama halnya dengan Hard Skill, Soft Skill pun bisa ditingkatkan skillnya, kalian bisa melakukannya secara otodidak ataupun dengan mengikuti pelatihan.

Jika ingin mengikuti pelatihan, kalian bisa mendaftar dengan kami, dimana kami bekerja sama dengan PJK3 Nusantara Traisser dalam pelaksanaan pelatihan.

Pelatihan tersebut berguna untuk meningkatkan skill Karyawan dan juga meningkatkan team building dan juga team work di Perusahaan tempat anda bekerja.

Lalu bagaimana sih cara yang benar dalam meningkatkan soft skill, yuk simak penjelasannya dibawah.

1. Pilih Soft Skill yang ingin di Kembangkan

Pemilihan Soft Skill yang tepat

Karyawan tidak harus memiliki semua skill diatas, kalian hanya perlu memaksimalkan apa yang kalian bisa dibandingkan dengan harus mencari skill baru.

Namun tidak ada salahnya juga jika kalian untuk mencari skill baru untuk mendukung skill utama kalian, seperti contohnya jika kalian bekerja di Departemen Marketing.

Maka kalian perlu memaksimalkan Skill Komunikasi untuk direct selling dan Skill pengetahuan tentang produk kalian, namun kalian tentu saja bisa mencoba mendapatkan skill baru.

Contohnya adalah belajar Digital Marketing, dimana Digital Marketing akan membantu kalian dalam melakukan Indirect Selling tanpa harus berbicara banyak.

2. Amati & Tiru Skill Karyawan lain

Tidak ada salahnya untuk mengamati dan juga meniru apa yang dilakukan oleh Karyawan lain, apalagi jika yang dilakukan tersebut adalah kegiatan positif.

Kalian bisa menjadikan hal tersebut menjadi contoh baik bagi kalian, agar kalian bisa meniru dan mengaplikasikannya untuk diri kalian sendiri.

3. Tentukan Goal / Tujuan

Set Goal Together

Set tujuan kalian dalam melakukan sesuatu, hal ini memudahkan kalian untuk melakukan tracking tentang apa saja yang sudah kalian lakukan belakangan.

Contohnya jika kalian belajar Soft Skill Time Management, jika kalian memiliki tujuan maka kalian akan bisa melihat tujuan apa saja yang sudah tercapai dan mana yang belum.

4. Ikuti Bimbingan Soft Skill

Untuk mendapatkan skill secara lebih mendalam, tentunya akan lebih bagus jika kita mengikuti bimbingan.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti kursus ataupun mengikuti training yang ada di berbagai media online.

Sobat K3 bekerja sama dengan Nusantara Traisser dalam melakukan berbagai macam Pelatihan, selain Pelatihan Sertifikasi, Nusantara Traisser juga memberikan pelatihan untuk pengembangan diri.

Kalian bisa belajar dari para ahli yang ada di Perusahaan kami, nah sampai sini sudah paham bukan tentang pentingnya peranan soft skill di dunia kerja ? apakah kalian tertarik untuk mengikuti pelatihannya ?


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/k8673307/public_html/responsiveweb/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 399

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *