28 March 2019

Efek Buruk Duduk Terlalu Lama

Efek Buruk Duduk Terlalu Lama

Dengan semakin majunya teknologi di saat ini membuat gerak tubuh kita semakin terbatas. Banyak sekali orang bekerja hanya cukup dengan duduk di depan komputer dan menghabiskan waktunya berjam-jam untuk duduk. Apa lagi waktu untuk menuju ke kantor yang juga dihabiskan dengan duduk di dalam kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Bahkan waktu saat kita di rumah juga dihabiskan dengan banyak duduk saja di depan televisi. Sangat sedikit sekali aktivitas bergerak dilakukan setiap harinya.  Waktu untuk olahraga pun dilewatkan begitu saja, Tidak ada pikirkan sama sekali tentang risiko apa yang akan diakibatkan jika duduk terlalu lama, apakah dapat menimbulkan gangguan kesehatan atau tidak?

Contoh gangguan kesehatan akibat terlalu lama duduk

Kegiatan yang dilakukan dengan duduk cukup lama apalagi dengan pola makan yang buruk ditambah kurangnya olahraga dapat menimbulkan risiko berbagai macam penyakit. Ini beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan jika duduk terlalu lama:

1. Risiko terkena penyakit Semakin Tinggi

Duduk terlalu lama DAPAT meningkatkan risiko adanya terkena penyakit, misalkan penyakit jantung, diabetes melitus tipe 2, ataupun kanker. Duduk terlalu lama dapat meningkatkan tekanan darah juga, kemudian meningkatkan gula darah, meningkatkan lemak tubuh pada bagian pinggang, dan kadar kolesterol menjadi abnormal. Dirujuk dari webmdduduk terlalu lama mengakibatkan otot membakar sedikit lemak, sirkulasi darah lebih lamban, dan membuat asam lemak lebih mudah untuk menyumbat peredaran darah ke jantung. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, meningkatkan kolesterol, dan masalah lainnya. Selain itu, pankreas juga dapat memproduksi insulin dalam jumlah lebih, yang dapat menyebabkan penyakit diabetes.

2. Menyebabkan obesitas

Duduk terlalu juga dapat meningkatkan risiko kelebihan beban / obesitas. Terlalu banyak duduk dapat memicu Anda untuk makan lebih dan lebih lagi sehingga secara tidak sadar berat badan akan naik. Apalagi jika makan berlebihan tidak diimbangi dengan olahraga yang teratur. Lemak akan menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan kegemukan.

3. Otot Tidak Terjaga / Melemah

Saat duduk, otot tidak digunakan. Jika kalian lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk daripada berdiri, berjalan, atau melakukan aktivitas lainnya. Ketika Anda berdiri, otot perut Anda menegang sehingga otot bekerja, tetapi ketika Anda duduk, otot perut Anda tidak digunakan sehingga otot ini dapat melemah.

4. Kemampuan Otak Menurun

Saat duduk, Anda dapat mengerjakan pekerjaan Anda di depan komputer dan menggunakan otak Anda untuk berpikir. Tapi tahukah kalian bahwa jika kita duduk dalam jangka waktu yang lama juga dapat melemahkan otak Anda. Jika Anda bergerak, makan otot akan bergerak memompa darah dan oksigen ke otak dan akan memicu pelepasan zat kimia dalam otak. Namun, jika Anda duduk terlalu lama maka fungsi otak akan lebih lambat. Hal ini karena peredaran darah dan oksigen ke otak berjalan lebih lambat.

5. Sakit pada leher dan tulang belakang

Duduk dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan sakit leher dan tulang belakang. Hal ini karena duduk dalam waktu lama ditambah dengan posisi yang tidak nyaman dapat membuat tulang leher tegang dan punggung nyeri. Duduk terlalu lama dapat menambah tekanan pada tulang belakang dan cakram yang menyusun tulang belakang sehingga dapat menyebabkan sakit pada leher dan tulang belakang.

Writer: JB


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/k8673307/public_html/responsiveweb/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 399

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *