Pentingnya Team Building Untuk Membangun Team Work

Pentingnya Team Building Untuk Membangun Team Work

Manusia merupakan mahluk sosial yang artinya dimana kita diciptakan untuk saling membutuhkan antara satu sama lainnya dan tentunya saling berinteraksi bersama dengan satu dan yang lain.

Perlu diketahu kita kerap sekali tinggal di dalam sebuah ataupun suatu komunitas yang apabila di rumah dinamakan keluarga dan di kantor atau di sekolah kita namakan dengan organisasi.

Di dalam sebuah organisasi diperlukan sekali dengan apa yang dinamakan dengan kerja sama tim (team building) yaitu proses yang wajib dilakukan oleh anggota tim untuk saling membantu agar tujuan dari adanya sebuah organisasi tersebut dapat tercapai.

Hal paling penting dalam team building adalah harus terbentuknya interaksi dan komunikasi anggota tim agar tidak terdapat miscommunication yang dapat menghambat terwujudnya tujuan team tersebut.

Dibawah ini adalah manfaat dari adanya Team Building tersebut

1. Membuat seluruh Pekerja Saling Mengenal

Apabila kita berada dalam sebuah lingkungan seperti kantor, maka biasanya kita akan menemukan berbagai macam orang-orang baru yang tentunya berbeda dengan teman di sekolah atau kampus.

Nah pada lingkungan Sekolah tentunya kita bisa memilih untuk berteman dengan siapa saja, namun kondisi berbeda akan dialami ketika kita bergabung pada Perusahaan atauapun Instansi dimana kita bekerja,  Dunia kerja menuntut kita untuk kompak dengan anggota tim walau tidak sehobi ataupun sepergaulan.

Perbedaan inilah yang kadang membuat kita merasa sulit “Click” dengan rekan kita, dengan adanya kerja sama tim memberi kita kesempatan melihat sisi lain setiap teman kita yang biasanya tidak muncul di kantor.

Siapa yang tahu sekretaris yang dingin itu ternyata adalah seorang pemain piano hebat?

Bukankah semakin banyak kita mengenal seseorang, semakin kita bisa merasa lebih aman untuk bersikap terbuka. Tak hanya berdampak pada hubungan pribadi, keterbukaan ini pada akhirnya dapat menumbuhkan rasa percaya yang lebih kuat dalam tim.

2. Meningkatkan komunikasi

Dalam sebuah Instansi Perusahaan tentunya akan ada atasan dan juga ada karyawan. Nah dengan adanya Team building ini akan membantu membangun komunikasi yang jauh lebih mudah antara atasan dan juga anggota tim lainnya dengan baik untuk mempermudah tercapainya suatu visi dari sebuah intansi perusahaan.

3. Meningkatkan kerjasama team

Dengan adanya kerja sama dalam sebuah team, setiap anggota tim mengerti posisi dan tugasnya sehingga lebih bertanggungjawab terhadap pekerjaan masing-masing.

Setiap tanggungjawab tersebut harus saling bersinergi agar terwujudnya tujuan organiasasi. Kerjasama yang baik sangat diperlukan agar tercapainya tujuan yang sudah dirancangkan sejak awal.

4. Menumbuhkan motivasi dalam mencapai tujuan

Motivasi tentu sangat diperlukan dalam setiap tindakan dan pekerjaan yang kita lakukan. Tanpa adanya motivasi tentu kita tidak akan mencapi hasil yang maksimal dalam suatu pekerjaan yang kita lakukan.

Begitu juga dalam iklim dan suasana kantor, motivasi sangat perlu dalam mengerjakan tugas dengan hasil yang memuaskan tepat pada waktunya. Team Building sangat membantu kita membangun motivasi dalam diri kita.

5. Meningkatkan produktivitas dan kreativitas tim

Suasana dan lingkungan kerja yang nyaman membuat kita lebih santai dan lebih menikmati pekerjaan yang kita lakukan.

Apabila kita melakukan suatu pekerjaan atas dasar senang dan nyaman tentu hasilnya akan lebih maksimal. Begitu juga dengan kerja sama tim, team building secara tidak langsung membuat semua anggota tim lebih kreatif dan lebih produktif dalam melakukan sebuah tugas.


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/k8673307/public_html/responsiveweb/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 399

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *