30 March 2020

MENGENAL FUNGSI DAN JENIS SEPATU SAFETY

MENGENAL FUNGSI DAN JENIS SEPATU SAFETY

Sepatu safety adalah suatu alat pelindung diri yang dibuat kusus dengan tujuan untuk melindungi kaki dari hantaman, tusukan, dan kejatuhan benda kerasĀ  dan runcing serta untuk menghindari kaki dari panas karena terpapar api dan cairan kimia berbahaya serta terlindung dari sengatan listrik.

Dari banyaknya potensi bahaya ditempat kerja, sepatu safety menjadi salah satu alat proteksi bagi pekerja kususnya untuk melindungi kaki, dan mengingat pentingnya keselamatan bagi setiap pekerja dengan beragamnya area pekerjaan munculah berbagai jenis dan tipe sepatu safety yang didesign kusus untuk perlindungan yang maksimal dari berbagai area dengan potensi bahaya yang berbeda pula. Untuk itu bagi kita yang akan menggunakan sepatu safety tinggal memilih dan menyesuaikan baik dari model, bentuk, ukuran, serta bahan dan jenis sepatu safety yang sesuai untuk kita gunakan dalam setiap aktifitas.

Ada beberapa jenis dan manfaat sepatu safety yang berada dipasaran saat ini diantaranya sebagai berikut :

  1. Toed ShoesJenis sepatu yang bagian ujungnya dilengkapi pelindung, dengan tujuan untuk melindungi jari kaki.
  1. Steel Insole ShoesJenis sepatu yang menyisipkan besi/baja ringan untuk melindungi kaki pemakai dari resiko terkilir atau untuk melindungi tulang kaki, sepatu ini biasanya dipakai untuk pengendara sepeda motor.
  1. Metal Instep FootwearJenis sepatu ini terdapat lempengan besi/baja ringan dibagian sol dalam sepatu, dengan tujuan pemakai terlindung akibat menginjak benda tajam.
  1. Metatarsal ShoesJenis sepatu ini terdapat pengaman kusus dibagian atas dengan tujuan melindungi kaki bagian atas dari kejatuhan maupun tertimpa benda-benda berat.
  1. Electric Hazard ShoesJenis sepatu ini dilengkapi pengaman yang menggunakan bahan isolator yang mampu menahan tegangan listrik dan bagian alas mampu menahan arus listrik.
  1. Heat Resistant ShoesSepatu jenis ini didesaing kusus agar pengguna dapat terlindungi dari lantai panas dan terlindung dari terbakar api.

Sepatu safety juga mempunyai beberapa jenis dari bentuk sepatunya, dan berikut beberapa jenis sepatu safety yang dibedakan berdasarkan bentuknya :

  • Low Cut 

    Sepatu ini berbentuk simple dengan tinggi sepatu tidak melebihi betis kaki, dan biasa dipakai diarea kerja yang tidak begitu ekstrem contohnya dilaboratorium dan juga di dapur.Low Cut

  • Middle Cut 

    Bentuk sepatu ini lebih tinggi dari model Low Cut karena tinggi sepatu ini diatas betis kaki, lebih cocoknya sepatu ini dipakai diarea yang tidak begitu berbahaya seperti dipabrik dan sebagainya.Middle Cut

  • Boot Cut 

    Sedang sepatu ini mempunyai bentuk yang panjang karena tingginya hampir mencapai lutut, untuk penggunaan sepatu ini di area yang cukup ekstrem dan biasanya dipakai dimedan yang berlumpur.Boot Cut

Kususnya di Indonesia selain standart EN ISO 20345:2011, standart keamanan yang wajib dimiliki oleh setiap produk sepatu safety adalah standart SNI 0111:2009 dan SNI 7079:2009 yang mengharuskan sepatu safety dilengkapi pengeras depan dari baja sebagai pelindung benturan dan pukulan bahan berbahaya.

Demikian sedikit ulasan tentang pengenalan jenis dan fungsi sepatu safety dan bagi kita sebagai pengguna hendaknya memilih jenis dan bentuk sepatu yang pas dan sesuai dengan area kerja kita serta merawatnya agar sepatu safety yang kita pakai memberikan perlindungan yang maksimal serta memberikan kenyamanan dapat menunjang disetiap aktifitas kita. Terima kasih.

Writer: Heri Susanto


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/k8673307/public_html/responsiveweb/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 399

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *