17 April 2020

MENGENAL ALAT PELINDUNG TELINGA

MENGENAL ALAT PELINDUNG TELINGA

Nusantara Traisser – Dari sekian banyak potensi bahaya ditempat kerja yang bisa berdampak kecelakaan kerja dan juga penyakit akibat kerja, salah satu upaya penanggulangannya dengan memakai alat pelindung diri, dan salah satu diantaranya adalah alat pelindung telinga atau hearing protection yang berfungsi untuk melindungi telinga dari suara bising atau tekanan ditempat kerja. Suara bising yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kerusakan pada pendengaran baik yang bersifat sementara maupun permanen selain itu juga untuk mengantisipasi beberapa resiko lainnya seperti stress, kurangnya konsentrasi, serta resiko kecelakaan kerja karena terganggunya komunikasi.

Sebelum memakai pelindung telinga hendaknya dipilih dan ditentukan terlebih dahulu pelindung yang tepat dan sesuai dengan jenis pekerjaan, kenyamanan serta yang mampu memberikan perlindungan maksimal bagi penggunanya. Mengutip Standart Internasional seri EN 352, ada dua jenis pelindung telinga yang bisa digunakan pekerja untuk melindungi paparan kebisingan, diantaranya adalah:

  • Earplug

Ada beberapa jenis earplug diantaranya adalah:

  • Foam Plug

    Pelindung berbahan busa yang disesuaikan dengan kanal telinga dan digunakan untuk menahan bunyi frekuensi tertentu saja.

    Foam Plug

  • Pre Moulded Plug

    berbahan fleksibel yang menyesuaikan bentuk telinga yang disatukan dengan kabel agar tidak mudah hilang.

    Pre Moulded Plug

  • Banded Earplug

    berbahan fleksibel yang sudah terpasang headband ringan dan digunakan untuk pemakaian berselang atau terputus-putus.

    Banded Earplug

  • Detectable Earplug

    dirancang dengan visibilitas tinggi yang dapat dideteksi oleh logam, dan dilengkapi bola berbahan stainless steel untuk mempermudah pendeteksian, jenis detectable earplug ini ideal digunakan untuk industry makanan.

    Detectable Earplug

  • Musician’s Earplug

    dirancang untuk mengurangi kebisingan sedang untuk paparan suara music, suara acara public, dan suara alat transportasi.

    Musician’s Earplug

  • Custom Moulded Earplug

    bentuk earplug dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan bentuk telinga, dan proses pembentukan harus benar dan perlu tes kecocokan agar sesuai dengan bentuk telinga.

    Custom Moulded Earplug

Earmuff

Ada beberapa jenis earmuff diantaranya adalah:

 

  • Passive Earmuff

    terbuat dari bahan keras dengan bantalan lembut untuk meredam suara masuk kedalam lubang telinga dan memberikan perlindungan maksimal dari tingkat kebisingan.

    Passive Earmuff

  • Helmet Mounted Earmuff

    ada berbagai macam model agar bisa terpasang dengan mudah di helmet safety, yang didesain untuk melindungi telinga sekaligus kepala pekerja dari potensi bahaya.

    Helmet Mounted Earmuff

  • Electronic earmuff

    dilengkapi mikrofon yang terpasang pada cup earmuff yang berfungsi mengirim dan menerima suara.

    Electronic earmuff

  • Communications Earmuff

    dirancang untuk menggabungkan system komunikasi dengan banyak orang diarea luas dengan paparan kebisingan tingkat tinggi.

    Communications Earmuff

  • Earmuff with Radio

    earmuff dapat dihubungkan dengan radio, selain mengurangi kebisingan juga dapat berkomunikasi dengan pekerja lainnya.

    Earmuff with Radio

Agar perlindungan pendengaran lebih maksimal maka ikutilah instruksi produsen, dan pastikan earplug masuk menutupi saluran telinga secara maksimal serta pastikan penutup earmuff menutup rapat dan menempel pada kulit secara maksimal. Perhatikan juga nilai Noise Reduction Rating (NRR) karena nilai yang tercantum pada kemasan menginformasikan kemampuan perlindungan pendengaran dalam mereduksi kebisingan serta diperbolehkan menggunakan pelindung pendengaran ganda untuk area kerja dengan kebisingan tinggi.

Dari dua jenis alat pelindung telinga yaitu earplug dan earmuff masing-masing ada segi kekurangan dan kelebihannya, untuk earplug kelebihannya mudah digunakan dan lebih murah, lebih nyaman digunakan diarea kerja panas atau lembab, dengan bentuk yang kecil dan ringan serta bisa masuk kedalam lubang telinga sehingga tidak berpotensi tersangkut saat diarea kerja yang sempit, hanya saja earplug kurang memberikan izin jika dibandingkan earmuff karena tidak boleh digunakan didaerah yang memiliki kebisingan lebih dari 105 dB.

Sedangkan earmuff kelebihannya memberikan perlindungan yang lebih besar karena menutupi seluruh daun telinga dan lebih tahan lama karena sarung telinga memiliki bagian yang dapat diganti, sedang segi negatifnya earmuff lebih mahal, kurang nyaman dipakai diarea panas dan terasa lebih berat saat digunakan, namun apapun kendala dan alasannya alat proteksi pendengaran wajib digunakan demi menjaga kesehatan dan keselamatan kerja serta terhindar dari penyakit akibat kerja. Terima kasih.

 

Penulis: Heri Susanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *